KUA Binduriang Hadiri Sosialiasi Integritas Layanan Primer : Langkah Baru untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

REJANG LEBONG (HUMAS) ---- Rabu, 28 Agustus 2024 mewakili Kepala KUA Binduriang Staf JFU Elidayani mengahadiri acara sosialisasi intergrasi layanan primer yang bertemapt di Aula Kantor Camat Binduriang. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat primer, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong mengadakan kegiatan sosialisasi Integrasi Pelayanan Primer (ILP) kepada lintas program dan lintas sektor lingkup

Kecamatan Binduriang, sekaligus menandai launching ILP di seluruh Puskesmas Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mendalam mengenai konsep dan manfaat dari Integrasi Pelayanan Primer (ILP) serta memperkuat sinergi dan kolaborasi antar berbagai pihak terkait.

Kegiatan di laksanakan di Kantor Kecamatan Binduriang tanggal 28 Agustus 2024 pukul 09:00 WIB, Kegiatan langsung di pimpin dan dibuka oleh Camat Binduriang Bapak Zainudin,Spd.Sd, hadir dalam kegiatan Dinkes Kabupaten di wakili oleh Bapak Al Hysam,Kepala Puskesmas Kepala Curup Bapak Ns.Aandrah,S.Kep, Seluruh Kepala Desa/ Perwakilannya di Kecamatan Binduriang, Babinsa, Babinkantibmas, Seluruh Kepala Sekolah mulai jenjang PAUD, SD/MIN, SLTP/MTS/ dan SMA yang ada di wilayah kecamatan  Binduriang dan Perwakilannya, Seluruh Kader di Desa Binduriang  dan Staf Kecamatan Binduriang.

Kegiatan di awali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia dan Kata sambutan dari Dinkes Kabupaten yang di wakili oleh Bapak Al Hysam. Dalam kata sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada Camat Binduriang, Kepala Puskesmas Kepala Curup dan seluruh instansi yang hadir, harapan beliau acara ini dapat membawa perubahan signifikan dalam layanan kesehatan di Kecamatan Binduriang.

“Dengan dilaksanakannya acara ini akan membawa perubahan yang signifikan dalam cara kita memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat untuk mengindikasikan berbagai layanan kesehatan prima agar lebih efisien dan dapat diakses oleh semua masyarakat” harapnya.

Dalam kata sambutannya Camat Binduriang Bapak Zainudin,S. Pd sebelum acara di buka , semoga Masyarakat Kecamatan Binduriang diharapkan dapat merasakan manfaat dari program ILP ini dalam waktu dekat, dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan. Acara sosialisasi dan peluncuran ILP ini merupakan langkah awal dari berbagai upaya yang akan dilakukan untuk mewujudkan Kecamatan Binduriang sebagai kota dengan layanan kesehatan yang unggul. 

Setelah dibukanya acara , Kepala Puskesmas Bapak Ns.Aandrah,S.Kep langsung memberikan Materi kegiatan kepada seluruh instansi yang hadir terutama kepada para Kader mengenai ILP dan program Programnya .

Selanjutnya, Kepala Puskesmas Bapak Ns.Aandrah,S.Kep memaparkan materi yang meliputi Integrasi Layanan Primer, serta isu kesehatan dalam akhir bulan ini. Beberapa kejadian yang perlu menjadi perhatian adalah Sampah,  DB, TB dan penyakit tidak menular.

Program ILP dibahas, dengan penekanan pada 4 siklus kehidupan dalam keseharian.Rencana implementasi ILP dalam melibatkan peran kader kesehatan di Desa Sekecamatan Binduriang.

Pertemuan ini juga menyoroti capaian dan target UKM Puskesmas Kepala Curup Kecamatan Binduriang, seperti pelayanan klinis, perilaku, dan pelayanan keselamatan pasien. Diskusi dan tanya jawab juga dilakukan untuk memperjelas berbagai aspek yang dibahas dalam pertemuan ini. Sementara Elidayani sangat bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk menghadiri acara yang sangat berkaitan dengan Layanan di KUA yakni mengenai kesehatan calon pengatin yang bisa di sampaikan dalam penasehatan catin. Menurut Elida Catin merupakan cikal bakal yang akan melahirkan generasi penurus bangsa sehingga diharapkan dapat melahirkan anak-anak yang sehat serta soleh dan solehah.(diana)


TERKAIT

Berita LAINNYA