Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Ulu Talo Isi Khutbah Jum'at Di Masjid Al-Muttaqin Desa Air Keruh

Seluma (Humas) - Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Ulu Talo Muhammad Martin Arefal, S.HI,. MH Isi khutbah Jum'at Di Masjid AL-Muttaqin desa Air Keruh kabupaten Seluma dengan tema Kemerdekaan adalah Anugerah Allah yang Harus Dijaga dan Disyukuri (16/8).

Dalam khutbah nya Muhammad Martin Arefael,S.HI,. MH Menyampaikan bahwa 
Saat ini kita semua berada salah satu momentum paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia, yaitu momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 tahun, dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Maka sudah sepatutnya bagi kita bersyukur kepada Allah swt atas kemerdekaan yang telah kita rasakan saat ini. Anugerah ini merupakan anugerah yang sangat besar yang telah Allah karuniakan kepada bangsa Indonesia. 

Dengan anugerah kemerdekaan, kita bisa menjalani segala aktivitas dan tanggung jawab dengan damai, tenang dan tanpa gangguan penjajahan. Perlu kita ketahui bahwa kemerdekaan bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih. 

Para pahlawan kita telah berjuang dengan pengorbanan nyawa dan tenaga untuk meraih semua ini. Maka kita wajib untuk berterimakasih dan mensyukuri semua ini. " Nikmat kemerdekaan yang sudah kita rasakan saat ini, tidaklah akhir dari perjuangan sebuah bangsa, namun sebuah tanggung jawab besar bagaimana kita memanfaatkan anugerah ini dengan penuh kesadaran dan rasa syukur. Kesadaran dan bersyukur dalam konteks kemerdekaan adalah dengan cara membangun negara dan bangsa ke arah yang lebih baik" ungkap Martin. Segala yang telah menjadi kewajiban kita, mari kita jalani dengan benar.

Selain bersyukur, kita juga wajib untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Caranya adalah dengan membangun bangsa menjadi lebih baik dan lebih maju, sesuai dengan apa yang kita bisa dan kita mampu, di antaranya adalah dengan berbuat adil, berbuat benar, jujur, saling tolong menolong, dan menghindari semua perbuatan yang bisa merusak nama baik bangsa. 

Dengan pengetahuan, maka kita akan bisa membawa bangsa ke jalan manfaat dan kebenaran, karena kebodohan merupakan perusak terhadap keutuhan kemerdekaan sebuah bangsa. Di akhir khutbah nya Penyuluh Agama Islam Muhammad Martin Arefal, S.HI,. MH mengajak mari sama-sama kita merawat dan menjaga Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. 

Di waktu yang sama kepala desa, tokoh adat dan tokoh Masyarakat Desa Air keruh mengapresiasi dan mendukung penuh seluruh Program Penyuluh yg salah satunya safari Jumat ke desa -Desa.
(Eka/MMA)


TERKAIT

Berita LAINNYA