MTsN 2 Kepahiang Sukses Laksanakan ABM 2024

MTsN 2 Kepahiang Sukses Laksanakan ABM 2024

MTsN 2 Kepahiang Sukses Laksanakan ABM 2024

Kepahiang (Humas) --- Berlokasi di ruang laboratorium komputer madrasah, MTsN 2 Kepahiang sukses menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Tahun Pelajaran 2023/2024, Jumat (01/03).

ABM adalah program dari Kemendikbudristek ABM ini  merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum siswa pada bidang-bidang khusus dan minat siswa berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

ABM  ini bertujuan untuk memprediksi kemampuan siswa dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. Tujuh aspek yang diukur dalam ABM yaitu aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Pelaksanaan ABM tahun ini diikuti oleh 24 siswa kelas IX MTsN 2 Kepahiang dari total 228 siswa kelas IX. Adapun 24 siswa yang mengikuti kegiata tersebut merupakan siswa yang dipilih secara acak melalui data emis oleh sistem .

Kepala MTs N 2 Kepahiang, Supriyadi, M.Pd.I., mengatakan bahwa ABM ini merupakan upaya dari pemerintah untuk melakukan pemetaan bakat dan minat siswa. Harapannya, hasil ABM ini bisa memberikan gambaran kepada siswa tentang potensi yang ada di dalam diri mereka sehingga kenyamanan dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran dapat terbentuk.

“Pelaksanaan ABM di MTs N 2 Kepahiang sendiri merupakan asesmen perdana. Kegiatan ini adalah upaya pemerintah secara sistematis dan terstruktur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari ABM itu sendiri, agar  siswa dapat menganali bakat dan mengmbangkan potensi dalam diri siswa. Program ini tentu  menjadi program yang dapat menunjang dalam menggali potensi siswa,” terang Supriyadi.

Kepala Madrasah menambahkan disamping sebagai asesmen dari pusat, hasil data ABM juga bisa menjadi rujukan madrasah dalam melakukan bimbingan karier agar ke depan nanti, ketika anak-anak melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya maka mereka sudah mampu menentukan pemilihan jurusan sesuai dengan potensi, minat juga bakat mereka. (Dwi)


TERKAIT

Berita LAINNYA