Meningkatkan Iman dan Taqwa Dalam Kehidupan Materi Yang di Sampaikan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Dalam Bimbingannya

Seluma (Humas) - Penyuluh agama Islam berperan dalam pengembangan masyarakat Islam. Indikasinya tampak pada aktivitas pengembangan masyarakat, yang meliputi kelompok binaan, metode, materi. Penyuluhan dilakukan dengan cara mentransformasikan pengetahuan agama dengan metode ceramah dan praktek ibadah, masyarakat diharapkan mengetahui dan menyadari akan pentingnya mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Penyuluh Agama Islam memposisikan dirinya sebagai Da'i yang berkewajiban mendakwahkan Islam, Qomaroddin menyampaikan materi penyuluhannya  dalam mengisi pengajian di majlis taklim Nurul Iman Desa cahaya Negeri,Senin,19/08 pukul 20:00 Wib.  Penyuluh Agama Islam memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk melakukan kegiatan pembelaan terhadap umat/masyarakat binaannya terhadap berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang merugikan akidah, menggangu ibadah dan merusak akhlak. Hal ini sejalan dengan Al-Qur’an Q.S. Ali Imran ayat 104 yang artinya: Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung, tambahnya.

Jadi tujuan penyuluhan agama Islam ialah menyeru umat agar beriman dan bertakwa kepada Allah swt dan secara operasional adanya perubahan sikap dan prilaku dari yang negatif menjadi positif dan pasif menjadi aktif dalam hal amar ma’ruf nahi munkar sehingga umat mempunyai kesadaran yang tinggi untuk melaksanakan ajaranajaran Islam secara kaffah, untuk terwujudnya suatu kepribadian yang utuh, keluarga yang harmonis dan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera yang diridhai oleh Allah Swt, guna mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat ujarnya (Qomar). (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA