Mal Pelayanan Publik, Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Seluma Selatan Ikut Andil Dalam Menjaga Stand Kemenag Kabupaten Seluma

Seluma (Humas) - Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, serta swasta secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamaman, dan keamanan.

Dalam pelayanan administrasi tersebut, Kemenag Kabupaten Seluma yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Haji dan Umroh Kemenag Seluma dan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Seluma Selatan mendapat giliran menjaga stand Kemenag Seluma yang ada di Dinas PMPPTSP Kabupaten Seluma yang terletak di Tugu Pengantin Simpang Enam Tais, Kamis (29/8).

Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Seluma Selatan menyampaikan bahwasannya dalam Mal Pelayanan publik ini memberi kemudahan bagi masyarakat yang hendak mengurus segala sesuatu baik itu tentang administrasi, perizinan, pengaduan, jaminan kesehatan, haji dan umroh, nikah, pertanahan dan lain-lain bisa dalam satu tempat. Mengingat dari konsepnya itu sendiri yaitu pelayanan terpadu, dalam artian pengurusan mengenai keperluan masyarakat itu dapat diakses dalam satu pintu.

Untuk dapat diketahu bahwasannya Mal Pelayanan Publik (MPP) menyelenggarakan pelayanan publik atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi. Pelayanan di MPP dapat mencakup: 
1. Perizinan berusaha
2. Perizinan pertanahan
3. Konsultasi 
4. Cetak Kartu Identitas Anak (KIA)
5. Konsultasi Haji
6. Informasi terkait SIMBG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung)
7. Perpanjangan paspor
8. Perpanjangan SIM 
9. Perpanjangan SKCK 
10. Informasi dan pengaduan obat dan makanan 
11. Pemberian rekomendasi penerapan cara produksi/distribusi yang baik 
12. Pendampingan bagi pelaku usaha 
13. Layanan Informasi dan Konsultasi 
14. Layanan Pengambilan Surat Barang Bukti 
15. Layanan Pengambilan Surat Izin Besuk .

Namun dari sekian banyak cakupan layanan diatas, hanya beberapa saja yang sudah terpenuhi, untuk kekurangannya akan dilengkapi dikemudian hari, mengingat fasilitas dan tempat yang belum memadai. (Naf/yul)


TERKAIT

Berita LAINNYA