KUA Sindang Kelingi Terima Prasasti Kampung Moderasi

Rejang Lebong (Humas) --- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sindang Kelingi, Samijan, S.Ag., M.HI., menerima prasasti Kampung Moderasi dari Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Akhmad Hafizuddin, M.HI., pada hari Rabu (17/07/24). Prasasti ini diberikan kepada Desa Sindang Jati dan Sindang Jaya sebagai penghargaan atas upaya mereka dalam menjaga kerukunan beragama dan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari.

Penyerahan prasasti ini merupakan simbol pengakuan atas komitmen masyarakat kedua desa dalam mewujudkan toleransi dan moderasi beragama. Samijan menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan ini dan menyatakan bahwa prasasti ini akan disampaikan kepada kedua desa untuk dijadikan tugu prasasti Kampung Moderasi.

"Prasasti ini nantinya akan dibuatkan tugu prasasti kampung Moderasi sebagai simbol keragaman budaya dan agama, namun tetap satu kesatuan berdasarkan azas kekeluargaan dalam bingkai Moderasi," ujar Samijan.

Samijan juga berharap program Moderasi Beragama dapat dimaknai sebagai upaya untuk memoderasi penganut agama agar tidak terjebak dalam kutub ekstrem, baik yang terlalu ketat maupun yang terlalu longgar.

Lebih lanjut, Samijan menyampaikan bahwa dengan ikhtiar moderasi beragama, para pemeluk agama diharapkan memiliki pemahaman dan keyakinan agama yang kian mantap terhadap agama pilihannya disertai pandangan dan sikap terbuka (inklusif), dalam arti menghormati perbedaan tafsir terhadap ajaran agamanya, dan menghargai pihak lain yang memiliki keyakinan agama berbeda. Bahkan dengan pihak-pihak yang berbeda itu, mereka aktif mencari titik temu dan menggalang kerjasama untuk membangun keutuhan bangsa dan menciptakan harmoni sosial.

Penerapan moderasi beragama membutuhkan komitmen dan usaha dari semua pihak, baik pemerintah, tokoh agama, maupun masyarakat luas. Dengan kerjasama dan gotong royong, diharapkan moderasi beragama dapat diwujudkan dan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tutup Samijan


TERKAIT

Berita LAINNYA