Kolaborasi KUA, BKKBN Dan Puskesmas Dalam Bekali Catin

Sebanyak 4 (empat) pasang catin mengikuti penasehatan pra nikah di balai nikah KUA Kecamatan Pondok Kubang

Bengkuu Tengah, (HUMAS) - Untuk bekal para Catin dalam menjalani kehidupan berumah tangga mereka akan diberikan penasehatan pra nikah dari pihak KUA, UPT BKKBN, dan Puskesmas. Selasa (01/10/24) sebanyak 4 (empat) pasang catin mengikuti penasehatan pra nikah di balai nikah KUA Kecamatan Pondok Kubang.

Dari BKKBN Dra. Sri Mulyani menyampaikan pentingnya kelas pranikah bagi calon pengantin, beliau menyampaikan terkait edukasi gizi supaya anak tidak terkena stunting, calon pengantin diberikan informasi soal risiko yang harus dihadapi ketika membangun rumah tangga hingga kesehatan ibu dan anak.

Dari pihak Puskesmas Karmini, A.Md, Keb. Juga menyampaikan edukasi tentang kesehatan reproduksi bagi calon pengantin dan menskrining kondisi kesehatan kedua calon pengantin, terlebih bagi catin perempuan, apakah dia sudah layak dan siap hamil atau belum. Pihak puskesmas juga memberikan suntik TT1 (Tetanus) bagi bara catin untuk menjaga daya tahan tubuh dari infeksi bakteri Clostridium tetani, untuk mencegah para catin terjangkit penyakit tetanus dari hubungan seksual.

Sebagai pamungkas kepala KUA kec. Pondok Kubang Mintarno, MHI. Menyampaikan kepada para catin agar mereka mempersiapkan diri dalam menciptakan rumah tangga yang kokoh dan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Serta para catin diajak untuk memahami makna dari pernikahan yang sakral. (Ys)


TERKAIT

Berita LAINNYA