Tumbuhkan Minat Baca Al-Qur’an , Guru MIN 1 Rejang Lebong Lakukan Hal Ini

Rejang Lebong (Humas) – Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong berinovasi dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an di kalangan siswa kelas 1 dengan memanfaatkan media kartu huruf hijaiyah. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah kepada anak-anak sejak dini, sehingga mereka lebih mudah dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an.

Roslaimurti, S.Pd.SD, guru kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq menggunakan kartu huruf hijaiyah sebagai upaya untuk menarik minat siswa yang baru pertama kali belajar membaca huruf Arab. Dengan metode ini, pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi dan tertarik untuk mempelajari Al-Qur'an.

Ketika diwawancarai pada Sabtu (27/07), Roslaimurti mengatakan bahwa kartu-kartu tersebut dirancang dengan warna-warni menarik dan gambar-gambar yang relevan, membantu siswa mengingat bentuk dan suara huruf hijaiyah dengan lebih baik.

"Anak-anak terlihat lebih antusias dan bersemangat setiap kali sesi pembelajaran menggunakan kartu huruf hijaiyah dimulai. Mereka lebih cepat mengenal dan menghafal huruf-huruf ini dibandingkan metode konvensional," ujarnya.

Program ini merupakan bagian dari upaya MIN 1 Rejang Lebong untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur'an sejak usia dini.

Kepala MIN 1 Rejang Lebong, Mufidatul Chairi, S.Ag.,M.Pd.I, berharap inovasi ini dapat menjadi contoh bagi guru-guru lainnya dalam meningkatkan minat baca Al-Qur'an di kalangan siswa.

“Semoga inovasi seperti ini dapat menjadi contoh bagi guru lainnya dan kegiatan ini dapat berlanjut serta memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan agama Islam khususnya dalam hal membaca Al-Qur’an.” Harap Mufidatul.


TERKAIT

Berita LAINNYA