MTs Qaryatul Jihad Siap Daftar NPP, Menuju Perpustakaan Berstandar Nasional

MTs Qaryatul Jihad mendapatkan kunjungan dari Balai Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (01/10/2024).

Bengkulu Tengah ( Humas )  – MTs Qaryatul Jihad mendapatkan kunjungan dari Balai Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (01/10/2024). Kunjungan ini dalam rangka sosialisasi mengenai Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), yang dilakukan langsung oleh Bapak Budi Hartono Wahab. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pihak madrasah terkait pentingnya memiliki NPP sebagai syarat administrasi perpustakaan yang terdaftar di tingkat nasional 

Dalam sosialisasinya, Bapak Budi Hartono menjelaskan bahwa NPP merupakan identitas resmi perpustakaan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. “Dengan memiliki NPP, perpustakaan akan terdaftar secara nasional dan berpotensi menerima berbagai bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan fasilitas dan layanan perpustakaan,” jelasnya. Beliau juga menekankan pentingnya peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas literasi siswa di madrasah.

Selain sosialisasi mengenai NPP, Bapak Budi Hartono juga memaparkan mekanisme pengajuan proposal bantuan perpustakaan yang dapat diajukan setelah perpustakaan memiliki NPP. "Ini menjadi peluang besar bagi perpustakaan madrasah untuk meningkatkan koleksi buku, memperbarui fasilitas, serta mengadakan pelatihan literasi bagi siswa dan guru," tambahnya.

Kepala MTs Qaryatul Jihad, Ibu Yeni Suryani, S.Pd., menyambut baik kunjungan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa pihak madrasah siap untuk segera mengurus pendaftaran NPP agar perpustakaan mereka bisa terdaftar dan mengajukan proposal bantuan. “Ini adalah langkah penting bagi pengembangan perpustakaan kami. Dengan bantuan yang diharapkan, kami optimis perpustakaan MTs Qaryatul Jihad akan lebih baik lagi dalam memberikan layanan pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, Ibu Yeni juga menegaskan pentingnya dukungan dari semua pihak, baik dari internal madrasah maupun eksternal, agar perpustakaan dapat berfungsi secara optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Beliau berharap perpustakaan dapat menjadi pusat pembelajaran yang mendukung literasi siswa, khususnya dalam hal literasi numerasi yang saat ini menjadi salah satu fokus pendidikan di madrasah tersebut.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan perpustakaan MTs Qaryatul Jihad dapat segera memiliki NPP dan mampu mengajukan berbagai bantuan yang dapat memajukan pendidikan di madrasah tersebut. Kunjungan dari Balai Kearsipan dan Perpustakaan Daerah ini menjadi awal yang baik untuk peningkatan kualitas literasi di MTs Qaryatul Jihad. ( Mira ) 


TERKAIT

Berita LAINNYA