MTsN 2 Rejang Lebong Laksanakan Pembagian Raport STS dengan Metode Konsultasi

REJANG LEBONG (HUMAS)---  Dalam rangka pembagian raport Sumatif Tengah Semester (STS), wali kelas MTsN 2 Rejang Lebong melaksanakan sesi konsultasi bersama orang tua/wali murid guna membahas berbagai kendala yang dihadapi oleh siswa. Salah satu wali kelas yang aktif dalam kegiatan ini adalah Rahayu Nengsih, S.Pd  yang merupakan wali kelas IX A MTsN 2 Rejang Lebong. Pembagian Raport dan Konsultasi tersebut dilakukan secara tatap muka di ruang Kelas masing-masing pada Sabtu (5/10/2024).

Rahayu Nengsih mendampingi orang tua/wali murid untuk mendiskusikan perkembangan siswa dan solusi atas berbagai hambatan yang dihadapi selama proses belajar mengajar. Salah satu keluarga yang terlibat dalam konsultasi ini adalah Ibu Epi,  salah satu wali dari Ananda Adiva Vivianda kelas IX A.

Dalam pertemuan tersebut, Rahayu menyampaikan pentingnya komunikasi yang terbuka antara pihak sekolah dan orang tua guna mendukung proses belajar siswa. “Kami sangat mengapresiasi kehadiran orang tua dalam konsultasi ini. Kami ingin bekerja sama dalam memecahkan kendala yang dialami siswa di sekolah, baik dalam hal akademis maupun non-akademis,” ujar Rahayu.

Diskusi mencakup berbagai aspek, mulai dari aspek kondisi fisik dan emosional. motivasi belajar, adaptasi terhadap lingkungan sekolah, hingga solusi untuk memperbaiki hasil belajar yang masih perlu ditingkatkan. Rahayu Nengsih memberikan pemahaman tentang pentingnya dukungan orang tua di rumah dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul, seperti kesulitan fokus saat belajar dan manajemen waktu yang belum optimal.

Orang tua/wali yang hadir menyambut baik pendekatan sekolah yang proaktif ini. Mereka merasa terbantu dengan adanya konsultasi yang membuka peluang untuk bersama-sama mencarikan solusi terbaik bagi perkembangan anak mereka. “Kami sangat senang bisa berdiskusi langsung dengan wali kelas. Kami yakin dengan dukungan yang baik dari sekolah dan kerjasama dengan orang tua, anak kami bisa lebih berprestasi,” ungkap Epi salah satu wali murid.

Kegiatan konsultasi  ini merupakan salah satu upaya MTsN 2 Rejang Lebong untuk terus memantau perkembangan siswa secara komprehensif. Sekolah berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan bimbingan, tidak hanya kepada siswa, tetapi juga kepada orang tua agar mereka dapat menjadi bagian dari solusi dalam mendukung pendidikan anak.

Dengan adanya konsultasi ini, diharapkan orang tua semakin terlibat dalam proses pendidikan di MTsN 2 Rejang Lebong, sehingga tercipta sinergi yang baik antara sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi siswa.(apriliandi)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA