Peringati Nuzulul Qur’an, MTsN 6 Mukomuko Laksanakan Khataman Al-Qur’an Bersama

Mukomuko (Humas) --- Rabu, (27/03) Dalam rangka untuk mengisi kegiatan bulan suci ramadhan, MTsN 6 Mukomuko menggelar Tadarasun bersama. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat belajar mengajar selama bulan Ramadhan di MTsN 6 Mukomuko jam mengajar dikurangi 10 menit. Sebelum KBM dimulai, terlebih dahulu diadakan kegiatan shalat dhuha dan tadarus Al Qur’an yang ditargetkan khatam 30 Juz sebelum libur menjelang Hari Raya ‘Idul Fitri.

Untuk dapat mengkhatamkan Al-qur’an, ada beberapa siswa yang ditunjuk untuk menyelesaikan tadarus Qur’an. Yang terdiri dari 30 siswa (15 laki-laki dan 15 perempuan). Setiap siswa mendapatkan bagian membaca Qur’an sebanyak dua lembar dengan nomor halaman yang berbeda setiap harinya. Jika ada siswa yang berhalangan atau tidak hadir, maka akan digantikan oleh siswa yang lainnya dan telah ditentukan sebagai cadangannya. Sedangkan ntuk siswa-siswi lainnya melaksanakan tadarus dengan mengikuti bacaan yang dipimpin oleh salah seorang dari guru yang memimpin dengan pengeras suara (dalam ruangan) sedangkan para siswa yang ditunjuk untuk tadarus qur’an tetap membaca sendiri-sendiri.

Kegiatan tadarusan Al-Qur’an yang dimulai sejak Rabu, 13 Maret 2024 lalu, hingga sampai pada hari ini Rabu, 27 Maret 2024 telah dilaksanakan khatam Qur’an bersama yang bertepatan dengan memperingati Nuzulul Qur’an.

Yuli, S.Pd.I. selaku Kepala MTsN 6 Mukomuko mengapresiasi atas kegiatan tadarusan qur’an yang dilaksanakan oleh siswa dan segenap dengan guru MTsN 6 Mukomuko hingga telah dilaksanakan dikhatam qur’an sebagai penutup dari kegiatan tadarusan.

Lebih lanjut, Yuli berharap semoga dengan program ini bisa menjadikan siswa- siswi MTsN 6 Mukomuko menjadi siswa-siswi yang mencintai Al-Qur’an dan membiasakan membaca Al-Qur’an selepas Ramadhan.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar sebatas di sekolah saja, namun juga terus belanjut di rumah meskipun lepas bulan ramadhan anak-anak terus membaca Al-Qur’an dan mengamalkan Al-qur’an dengan menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupannya sehari-hari,”[Wiwik]


TERKAIT

Berita LAINNYA