Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Turut Tingkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Melalui TPQ

Seluma (Humas)-- Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan  melalui Penyuluh Agama Islam, Nikma Nur Rohma, S.H.I memfasilitasi kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan kepada TPQ Ar-Rohman desa Tawang Rejo Kecamatan Air Periukan pada  Senin (26/08).

Salah satu bentuk bimbingan dan penyuluhan tersebut adalah diadakannya TPQ Ar-Rohman, Kegiatan belajar mengajar di TPQ Ar-Rohman ini di mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan selesai berada di Musholla Ar-Rohman desa Tawang Rejo dusun 2 yang di adakan lima kali dalam seminggu yakni hari sabtu sampai dengan hari Kamis.

Seperti hal nya Peran dan fungsi utama Penyuluh Agama Islam adalah melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada kelompok binaan di masyarakat dari kelompok usia anak hingga kelompok tua. Santri yang hadir di TPQ Ar-Rohman mayoritas merupakan kalangan anak – anak dan remaja yang tinggal di wilayah desa tersebut dan berjumlah sekitar 10-15 orang santri. Dalam kesempatan ini Nikma memberikan ilmu kepada para santri agar dapat mengetahui dan memahami setra memperbaiki tajwid dari bacaan Al-Qur'an tersebut. Salah satu bekal untuk negeri akhirat adalah dengan membaca Alquran. Bacaan Kitab Suci yang kita baca akan datang menjumpai kita kelak. Oleh karena itu, agar bacaan Alquran datang menemui kita, maka hendaknya kita belajar ilmu bacaan yang benar.

Dalam kesempatan itu Nikma juga memberikan materi tentang "4 sifat baik yang ada pada diri Nabi. Sifat itu di antaranya: sidik, amanah, fathonah, dan tablig. Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas, dan tablig artinya orang yang menyampaikan.”
Dan Sifat-sifat Mustahil bagi Rasul, Berikut empat sifat yang tidak mungkin ada pada rasul yaitu Kadzib adalah berbohong. Khiyanat artinya ingkar atau berkhianat. Kitman Artinya menyembunyikan atau tidak menyampaikan wahyu yang diberikan kepadanya. Baladah berarti bodoh, dan para utusan Allah SWT jauh dari sifat ini. Adapun jika seorang rasul tak punya kecerdasan, maka ia tak mungkin mampu menyelesaikan berbagai persoalan umat berdasarkan ajaran-Nya. Nikma juga menambahkan terhadap santriwan santriwati TPQ Ar-Rohman, "bahwasanya kehidupan manusia pasti diterjang berbagai permasalahan, dan agar   bisa melewatinya sesuai ketentuan Allah SWT, maka mereka bertanya kepada Nabi SAW. Bila mana seorang rasul bodoh, maka ia tidak bisa membimbing kaumnya", pungkas Nikma.

Kepala KUA kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH juga menyatakan bahwa Keberadaan TPQ Ar-Rohman ini di harapkan mampu memberikan pendampingan kepada anak anak yg berada di wilayah Air Periukan khususnya di desa Tawang Rejo agar mereka bisa membaca Al- Qur’an dengan baik, Harun juga menjelaskan bahwa kita juga patut mencontoh dari keempat sifat rasul tersebut dalam kehidupan sehari-hari namun harus menjauhi sifat-sifat mustahil rasul tersebut, Harun memberikan apresiasi terhadap PAIF dan PAI Non PNS yang telah bekerja sama dalam mengelola TPQ yang ada di kecamatan Air Periukan ini. (Eka/Nikma)


TERKAIT

Berita LAINNYA