Pengukuhan dan Pembinaan MUI Kecamatan Kota Padang: Mengokohkan Syiar Islam dan Pelayanan Masyarakat

Rejang Lebong (HUMAS) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Binduriang bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Sekretaris Umum MUI mengadakan pengukuhan dan pembinaan MUI di Kecamatan Kota Padang. Acara yang diselenggarakan di Masjid Al Ikhlas ini dihadiri oleh seluruh anggota MUI dan sebagian karyawan KUA Kota Padang.(31/07)

Setelah prosesi pengukuhan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembinaan yang menghadirkan pemateri H. M. Abu Dzar, MHI dan Dr. Yusefri, M.Ag. Materi yang disampaikan mencakup visi, misi, dan sejarah MUI. Selanjutnya, Kepala KUA Binduriang, H. Suryono, S. Ag, M. Pd, memberikan pemaparan mengenai manajemen organisasi dan keuangan organisasi.

Ketua MUI Kecamatan Kota Padang yang baru dikukuhkan, Ruslan, dikenal sebagai tokoh agama dan masyarakat di Kecamatan Kota Padang. Dalam amanatnya, H. M. Abu Dzar, MHI, menekankan bahwa tujuan utama pendirian MUI adalah sebagai wadah untuk menghimpun para ulama, zuama, dan cendekiawan Muslim untuk memajukan syiar Islam di tengah masyarakat.

"Untuk itu, saya menghimbau, mari kita menjalankan kegiatan ibadah dan muamalah, terutama memakmurkan masjid," ujarnya.

Selain itu, H. M. Abu Dzar, MHI, juga memberikan motivasi kepada para pengurus MUI Kecamatan Kota Padang yang baru dilantik untuk lebih aktif di tengah masyarakat, membantu masyarakat terutama dalam pengurusan label halal bagi produk makanan dan lain-lain.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, para ulama, tokoh muda, dan seluruh pengurus MUI yang baru dikukuhkan. Terbentuknya MUI didasari oleh adanya organisasi masyarakat Islam dan keberagaman yang ada, dengan peranan penting MUI dalam menghadapi berbagai masalah yang bertentangan dengan agama, seperti munculnya berbagai aliran keagamaan, makanan yang belum memiliki label halal, dan penyembelihan hewan sesuai syariat khususnya di Kecamatan Kota Padang.

Acara ini mencerminkan komitmen MUI dalam memperkokoh syiar Islam dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi momentum penting bagi pengurus baru untuk berkontribusi lebih aktif dalam memajukan nilai-nilai Islam di tengah-tengah masyarakat.

 


TERKAIT

Berita LAINNYA