Sinergi KUA dan TNI: Memperkuat Keamanan dan Solidaritas di Bermani Ulu Raya

Dalam rangka memperkuat sinergi antara lembaga keagamaan dan aparat keamanan, Bapak  Catur S dan bapak Aris waluyo merupakan Koramil / 409- 05/ curup/Kodim 0405 /RL lakukan kunjungan ke KUA Kecamatan Bermani Ulu Raya pada Kamis (03/10/2024). Kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas upaya memperkuat keamanan, solidaritas, serta kerjasama antar berbagai elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas wilayah.

Dalam pertemuan tersebut, bapak Catur menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga keagamaan dan institusi keamanan dalam membangun masyarakat yang aman dan sejahtera. “Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Kerjasama antara KUA dan Koramil diharapkan dapat memperkuat solidaritas serta memberikan keteladanan dalam membangun kehidupan yang rukun dan damai,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti peran penting tokoh agama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga persatuan dan menghindari konflik.

“Melalui dakwah dan pembinaan keagamaan, kita dapat membantu masyarakat memahami pentingnya menjaga keamanan dan keharmonisan, serta mencegah maraknya judi online dan hal-hal yang merusak persatuan bangsa,” tambahnya.

Jamaan Nur selaku kepala KUA menyambut baik kunjungan ini dan menyampaikan apresiasinya atas kedatangan koramil dalam memperkuat solidaritas lintas institusi. "Kami sangat menghargai kerjasama ini. Dengan adanya sinergi yang baik antara TNI, KUA, dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih kondusif dan aman. Kami siap mendukung segala kegiatan yang bersifat membangun, termasuk dalam aspek keamanan dan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai isu yang dihadapi oleh masyarakat di Kecamatan Bermani Ulu Raya, termasuk pentingnya peran keluarga dan lingkungan dalam mencegah perilaku negatif seperti kenakalan remaja dan narkoba. Kedua lembaga sepakat untuk terus meningkatkan komunikasi dan kerjasama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban, serta membangun solidaritas antarwarga.

Kunjungan ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk saling mendukung dalam berbagai kegiatan sosial dan keagamaan di wilayah bermani Ulu Raya, demi menciptakan masyarakat yang harmonis, aman, dan berdaya.(lailiyarahman)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA