Penghulu KUA Kecamatan Air Periukan Dampingi Mahasiswa PPL UINFAS Bengkulu Mempelajari SIMKAH

Seluma (Humas) - Penghulu KUA Kecamatan Air Periukan, yang juga selaku pamong, berikan materi bimbingan praktek pendidikan lapangan berupa aplikasi SIMKAH kepada Mahasiswa PPL Fakultas Syari'ah UINFAS Bengkulu, Jum'at, 23/8.

Umar Hidayatullah, menuturkan aplikasi SIMKAH memiliki kepanjangan Sistem Informasi dan Manajemen Nikah. SIMKAH adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Agama untuk memudahkan proses pendaftaran nikah secara online. 

Diantar manfaat dan kegunaan mempelajari dan mengoperasikan aplikasi SIMKAH yaitu memudahkan akses informasi tentang pencarian dan verifikasi data mengenai status pernikahan serta dokumen, mempercepat proses administrasi pernikahan, keamanan data serta peningkatan layanan publik.

Mahasiswa PPL yang terdiri dari empat orang, Faisal, Jordan, Maimunah dan Angel sangat antusias mempelajari SIMKAH, karena langsung diajari cara mempraktekkan penggunaan aplikasinya diruang operator yang ada di KUA Kecamtan Air Periukan.

Sementara, itu Kepala KUA Air Periukan, Harun, S.Ag., M.H membenarkan bahwa mahasiswa PPL UINFAS Bengkulu mendapatkan pendampingan dan sekaligus diberikan materi ajar terkait simkah dari pamong KUA Kecamatan air periukan. Harun juga mengapresiasi antusiasme para mahasiswa PPL UINFAS Bengkulu untuk mempelajarinya. (Eka/Mws)


TERKAIT

Berita LAINNYA