PEMBRANTASAN BUTA AKSARA AL-QUR’AN BERSAMA PENYULUH AGAMA ISLAM KUA KARANG TINGGI

Pembrantasan Buta Aksara Al-qur’an merupakan salah satu tugas dari pada Penyuluh agama kepada masyarakat

Bengkulu Tengah,(Humas) - Pembrantasan Buta Aksara Al-qur’an merupakan salah satu tugas dari pada Penyuluh agama kepada masyarakat. Agar dapat meminimalisri masyarakat yang tidak tahu sama sekali terhadap Baca Tulis Al-qur’an. Dalam konteks pengembangan masyarakat Islam, secara fungsional kelembagaan dakwah harus merupakan kelembagaan “profesional kerakyatan” yaitu suatu kelembagaan yang didukung oleh sarana dan manajemen modern yang mencakup kepada pemihakan terhadap kepentingan rakyat. (05/12/23).

Penyuluh Agama Islam KUA Karang Tinggi Bengkulu Tengah, memiliki binaan Masyarakat Desa Renah Semanek Kecamatan Karang Tinggi yang memiliki anggota sebanyak 25 orang. Dan Pengajian tersebut dilaksanakan di kediaman Ibu Kades Renah Semanek, diadakan setiap hari Rabu pukul 13:00. Pengajian Tersebut setiap Minggunya mengaji mulai dari Huruf Hijaiyyah dan dipimpin oleh 3 orang penyuluh Agama yaitu (Nada Aprianti Ayulia,S.HI, Siti Rahma,S.Ag dan Zakiyah Hayati,S.HI). sehingga ibu-ibu masyarakat Desa Renah Semanek dapat fokus dalam membenarkan kajiaannya. Dan setiap Awal bulan akan diadakan Kajian Fiqih Untuk menambah wawasan Ilmu Agama.

Maka, dalam hal penyuluhan diharuskan kepada seluruh penyuluh Agama agar memiliki kemampuan untuk mengadakan komunikasi baik dengan tersuluh, bersifat terbuka, ulet dalam tugasnya, memiliki rasa cinta terhadap orang lain dan suka bekerja sama. Kemudian penyuluh agama hendaknya memiliki pribadi yang disukai oleh orang lain karena dapat diterima oleh masyarakat sekitar. Penyuluh agama perlu peka terhadap kepentingan tersuluh, memiliki kecekatan berpikir dan cerdas.  Sehingga mampu memahami kehendak tersuluh. Penyuluh agama juga hendaknya memiliki kepribadian yang utuh, kematangan jiwa dan suka belajar khususnya ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan tugasnya.

“kami berharap semoga kedepannya mayarakat Kecamatan Karang Tinggi mendapatkan Penyuluhan Agama secara merata oleh Penyuluh Agama Islam KUA Karang Tinggi” sebut ibu Nurhasanah Selaku Ibu Kades Desa Renah Semanek. (ZH)


TERKAIT

Berita LAINNYA