Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Hapalan

Seluma (Humas) - Bahasa Arab adalah salah satu Bahasa asing yang mana banyak dipelajari oleh warga Indonesia. Maka dari itu hal ini sangat perlu dipelajari adanya pembelajaran Bahasa bagi orang-orang yang notabennya bukan dari Arab. Adapun pembelajaran Bahasa Arab ini dapat dilakukan dengan macam cara dan metode. Salah satunya yaitu dengan pembelajaran menghafal kosa kata atau bilangan (mufrodat). Dalam menghafal dibutuhkan sebuah metode untuk menunjang siswa agar siswa dapat menguasai bahasa arab. Maka dari itu Metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya metode, proses belajar mengajar akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Mufrodat itu sendiri adalah unsur Bahasa yang penting, dikarenakan fungsinya sebagai pembentuk wacana, kalimat, ungkapan. Didalam proses pembelajaran Bahasa asing seseorang harus memiliki mufrodat. Termasuk juga Bahasa arab hal ini juga diterapkan oleh guru bahasa Arab di MIN 4 Seluma (Isnaini,S.Ag) Hafalan bilangan dari 1 sampai 30  bahasa arab di kelas 4 A pada hari Rabu,28 Agustus 2024 Pukul 10.30 WIB sampai selesai pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Arab.

Siswa  kelas 4 diwajibkan untuk bisa menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 30.Seorang siswi (Fahroza),dipanggil untuk maju dan berhitung bilangan 1 sampai 30 dengan bahasa Arab guna untuk melatih hafalan bilangan bahas arab .

Hal ini dilaksanakan dalam upaya membudayakan hafalan bilangan kepada siswa/i supaya paseh dalam menyebutkan bilangan dengan bahasa arab dan juga untuk membiasakan siswa dan siswi  Madrasah Ibtidaiyah Negeri   Seluma dalam berbicara bahasa arab dengan baik dan benar.(Naf/Isn)


TERKAIT

Berita LAINNYA