P5PPRA Kelas 2 MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu: Tanamkan Kesadaran Lingkungan dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Rejang Lebong (Humas)---MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu merupakan salah satu madrasah yang menerapkan kurikulum merdeka. Program-program pendidikan yang terdapat di kurikulum tersebut mulai diterapkan khususnya pada kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin atau yang disingkat dengan P5PPRA. Para wali kelas sudah mempersiapkan rancangan pembelajaran P5PPRA dan menerapkannya sejak kegiatan belajar mengajar dimulai. Salah satu tingkatan kelas yang antusias menerapkan kegiatan tersebut yaitu kelas 2 (dua). Secara kompak seluruh wali kelas 2 yang terdiri dari kelas 2A,2B dan 2C mempersiapkan rancangan pembelajaran dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”.

Nada Fentia, S.Pd, yang merupakan wali kelas 2B mengemukakan alasan mengangkat tema tersebut yaitu, supaya peserta didik dalam kehidupannya dapat menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Yang mana dapat memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan kualitas hidup manusia. Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga meningkatkan kualitas hidup peserta didik melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti mengonsumsi makanan organik dan penghijauan.

“Kami ingin peserta didik sadar dan memahami pentingnya menjaga lingkungan dan hidup sehat dengan menjaga kelestarian lingkungan. Diharapkan pula kegiatan ini dapat menginspirasi mereka untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik”, ujarnya.

Pada Sabtu, 03 Agustus 2024 kegiatan pembelajaran tersebut sudah berada pada tahap/aktivitas pengenalan materi. Pada tahap ini peserta didik kelas 2 diberi pemahaman mengenai lingkungan dan diarahkan untuk mengidentifikasi ligkungan yang bersih dan sehat. Setelah menyaksikan secara bersama-sama video pembelajaran yang ditayangkan, peserta didik dapat mengidentifikasi lingkungan yang bersih maupun yang kotor. (liza)


TERKAIT

Berita LAINNYA