Ajak Lansia Mengaji Di Trans Tapak 50 Desa Pal VII, Penyuluh Agama Bermani Ulu Raya Terapkan Medote Tsaqifa

REJANG LEBONG (HUMAS)---  Tsaqifa adalah metode pembelajaran baca Al _ Qur’an yang dirancang khusus untuk orang dewasa,yang diterapkan oleh Penyuluh Agama Islam Non PNS  Kecamatan Bermani Ulu Raya sangat membantu masyarakat dalam mempelajari Alqur’an, Sebagaimana yang diterapkan oleh salah satu Penyuluh Agama Islam ,Ritsa Sindika.

Kamis (03/10/2024) bertempat di masjid muhajirin trans tapak 50 Desa Pal VII dusun 3, dihadiri kurang lebih 10 orang yang merupakan kelompok Lansia Mengaji, telah berkumpul untuk mengikuti pembelajaran Alqur’an.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari kamis setiap minggunya, Ratnawati salah satu peserta menyebutkan akan pentingnya belajar Alqur’an karena Alqur’an adalah kitab suci sekaligus pedoman bagi umat Islam. Selain berpahala mempelajari dan membacanya, Alqur’an juga salah satu bukti kecintaan umat kepada Rasulnya karena Alqur’an merupakan mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW.

“Belajar Alqur’an adalah sebuah kewajiban sebagai umat Islam. Bisa membaca Alqur’an adalah anugerah dan salah satu kecintaan Allah kepada hamba-Nya, maka nikmat pandai membaca Alqur’an harus disyukuri minimal dengan membiasakan diri secara teratur membaca Aqur’an,” Ucap Ratnawati.

“Alhamdulillah, setelah 20 kali pertemuan belajar Alqur’an melalui metode Tsaqifa yang diajarkan oleh saudari Ritsa, saya sudah bisa membaca Alqur’an meski masih terbata-bata,” terangnya

“Terimakasih kepada Ritsa sapaannya, yang selalu mengajari kami dengan penuh kesabaran, semoga dibalas Allah dengan pahala berlipat ganda. Semoga saya dan teman-teman disini dimudahkan allah dalam belajar Alqur’an, sehingga nantinya juga bisa mengajarkan kepada anak-anak dan cucu di rumah,” harapnya.

Ritsa Sindika menyebutkan,bahwa seluruh peserta merupakan orang tua bahkan sudah lanjut usia. Usia terendah adalah 45 tahun dan yang tertua sudah berusia 60 tahun lebih, namun kegigihan dan semangat mereka sangat luar biasa,  Semoga dibalas Allah dengan dimudahkan mereka untuk mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Sejak 2022, Ritsa Sindika mengemban amanah dan ikut serta menyukseskan program pemerintah dalam rangka memberantas buta aksara Alqur’an di Kecamatan Bermani Ulu Raya khusus Tran tapak 50 Desa Pal VII,melalui program Lansia mengaji di masjid tersebut.(lailiyarahman)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA