MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu Gelar BIAS, Imunisasi dan Obat Cacing Perkuat Imunitas Siswa

Rejang Lebong (Humas)--- Dalam rangka menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu bersama Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Curup Timur melaksanakan imunisasi sekaligus pembagian obat cacing (27/08). Adapun jenis Imunisasi yang dilaksanakan yaitu pemberian vaksin MR (Measles rubella) untuk mencegah campak rubella bagi peserta didik kelas satu dan imunisasi PHV (Human Papillomavirus) untuk mencegah kanker serviks yang diperuntukkan bagi siswi perempuan kelas 5. Sedangkan untuk obat cacing diberikan kepada peserta didik dari kelas 1 sampai 5.

Weli Kartika, A.Md.Keb adalah salah satu petugas kesehatan dari PUSKESMAS Curup Timur menyampaikan bahwa program BIAS ini sangat penting dilaksanakan, karena ketika anak memasuki usia sekolah dasar umumnya terjadi penurunan kekebalan tubuh. Maka dari itu perlu diadakan penyelenggaraan imunisasi ulangan pada anak usia sekolah dasar sederajat untuk mempertahankan kekebalan tubuh serta memperpanjang masa perlindungan anak yang sudah mendapatkan imunisasi dasar.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, peserta didik terlebih dahulu diberikan pemahaman tentang imunisasi MR dan PHV oleh Petugas kesehatan. Hal ini bertujuan agar mereka merasa lebih nyaman dan tidak takut saat menerima vaksin. Berkat kerjasama yang baik antara tenaga kesehatan dan wali kelas yang mendampingi pemberian vaksin, pelaksanaan BIAS di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu berjalan dengan lancar dan kondusif. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala madrasah, Kris Ade Putra, S.Pd.I.Gr yang turut mendampingi kegiatan tersebut. Pada  kesempatan ini beliau juga menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan kerjasama tenaga kesehatan Puskesmas Curup Timur.

“Kegiatan yang menyangkut dengan upaya menjaga ataupun meningkatakan  kesehatan peserta didik akan kami dukung sepenuhnya. Salah satunya kegiatan BIAS ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi madrasah dan merupakan salah satu upaya madrasah untuk memperkuat imunitas serta kekebalan tubuh peserta didik melaui kerjasama dengan tenaga kesehatan”, tutur kepala madrasah.(liza)


TERKAIT

Berita LAINNYA