KUA Curup Selatan Gelar Bimbingan Mendalam untuk 2 Pasang Catin : Fokus pada Ijab Qabul dan Persiapan Pernikahan yang Sempurna

Rejang Lebong (HUMAS) – Dua pasang calon pengantin (catin) hari ini (30/07/2024) mendapatkan bimbingan langsung dari Penghulu KUA Curup Selatan, Ustadz A. Firdaus, dalam sesi panduan ijab qabul yang berlangsung di kantor KUA Curup Selatan. Bimbingan ini merupakan bagian dari program persiapan pernikahan yang diselenggarakan oleh KUA untuk memastikan para calon pengantin siap menjalani prosesi akad nikah dengan baik dan benar.

Acara bimbingan dimulai pukul 09.00 WIB. Dalam bimbingan ini, Ustadz A. Firdaus memberikan penjelasan mendetail tentang tata cara ijab qabul, termasuk makna dan pentingnya prosesi tersebut dalam pernikahan Islam. Ia juga memberikan contoh praktis dan simulasi agar para catin merasa lebih percaya diri saat hari pernikahan tiba. “Kami ingin memastikan bahwa setiap calon pengantin memahami esensi dari ijab qabul, bukan hanya sebagai sebuah prosesi, tetapi juga sebagai komitmen sakral yang mereka ucapkan di hadapan Allah SWT,” ujar Ustadz A. Firdaus.

Selain itu, para catin juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan penghulu mengenai berbagai hal terkait pernikahan, seperti hak dan kewajiban suami istri serta tips membangun rumah tangga yang harmonis dan berlandaskan nilai-nilai Islam. Salah satu calon pengantin, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bimbingan yang diberikan. “Bimbingan ini sangat membantu kami mempersiapkan diri secara mental dan spiritual. Kami jadi lebih memahami tanggung jawab yang akan kami emban sebagai suami istri,” tuturnya.

Program bimbingan catin ini merupakan salah satu inisiatif KUA Curup Selatan dalam upaya meningkatkan kualitas pernikahan di kalangan masyarakat. Dengan adanya bimbingan ini, diharapkan para pasangan dapat membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Selain itu, sesi lan dari bimbingan untuk Catin ada, mengaji, pendalaman ilmu agama, , pencegahan stunting dari penyuluh, juga cek kesehatan dari puskesmas yang bekerja sama dengan KUA.

 


TERKAIT

Berita LAINNYA