PAI KUA Sungai Serut, Beberkan Ciri-Ciri Istri Menghargai Suami

PAI KUA Sungai Serut, Beberkan Ciri-Ciri Istri Menghargai Suami

Kota Bengkulu (Humas) - Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, Harmida, S.Ag. membeberkan ciri-ciri istri yang menghargai suami menurut pendangan Islam saat memberikan materi penyuluhan ke wilayah binaannya.

Dijelaskan Harmida, pertama, setiap diberikan nafkah selalu mengucapkan syukur dan terima kasih, sebab mengucapkan syukur dan terima kasih kepada suami setiap kali ia memberikan nafkah adalah bentuk penghargaan sederhana yang berdampak besar. Hal ini, menunjukkan bahwa istri menghargai usaha suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

Disamping itu, kata Harmida, yang kedua, tidak membandingkan dengan suami orang lain, maksudnya, membangdingkan suami dengan orang lain hanya akan menimbulkan rasa tidak percaya diri, dan merusak keharmonisan.

"Istri yang bijaksana selalu fokus pada kelebihan suami dan mendukungknya untuk menjadi lebih baik tanpa harus dibandingkan". Ungkap Harmida kepada Kontributor Berita KUA Sungai Serut, Senin (7/10/2024).

Selanjutnya yang ketiga, Harmida memaparkan,  tidak menuntut diluar kemampuannya, dalam artian, istri mengerti batas kemampuan suami dan tidak menuntut hal-hal yang berlebihan menjadikan bentuk penghargaan terhadap apa yang telah suami usahakan, ini juga menunjukkan bahwa istri memahami kondisi suami dan tidak memaksakan kehendaknya.

Lanjut yang keempat, kata Harmida, berbuat baik kepada keluarga suami, menjalin hubungan baik dengan keluarga suami adalah cerminan rasa hormat istri kepada suami. Istri yang pandai dalam bersikap dan berbuat baik kepada keluarga suami, akan semakin menambah rasa cinta suami kepada istri.

"Yang terakhir, kelima, ini yang paling penting mejaga aib suami, seorang istri yang menghargai suami tidak akan menyebarkan kekurangan suaminya kepada orang lain. Menjaga rahasia dan kekurangan suami adalah bentuk penghargaan dan kepercayaan yang tinggi terhadap suami". Tutupnya. (Fadian/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA