Jum’at Barokah, MTsN 2 Rejang Laksanakan Murajaah Juz 30

   

REJANG LEBONG (HUMAS)---  Pagi tadi, di Musholla  MTsN 2 Rejang Lebong terlihat penuh sesak oleh siswa-siswi kelas VII, VIII, IX  dan guru serta guru yang sedang melaksanakan agenda Jum’at barokah secara berjamaah. Apriliandi, M.Pd  Waka Humas MTsN 2 Rejang Lebong serta selaku pembina Keagamaan menyampaikan tentang agenda  “Jum’at barokah” hari ini di mulai dengan sholat Dhuha, Murajaah Juz 30, Ceramah Agama, dan ditutup dengan doa. Para siswa di anjurkan untuk membawa sajadah, sandal, Al Qur’an, untuk siswa putra berpeci dan siswa putri memakai mukenah.(04/10)

Acara yang di laksanakan pada setiap hari ini Jum’at (4/10/2024)  dimulai pukul 07.15 WIB  sampai 08.00 WIB di awali dengan sholat dhuha berjama’ah yang di imami oleh Bapak Jauhari selaku guru Fiqih, dilanjutkan simaan Qur’an Juz 30 dipimpin oleh Mahasiswa PPL IAIN Curup Deby Dwi Cahyo dan Tausiah Oleh Apriliandi selaku pembina keagamaan.

Waka Kesiswaan MTsN 2 Rejang Lebong, Ropal Astiawan, SH mengatakan bahwa pembiasaan Jum’at barokah ini selain menjadi rutinitas amaliyah Madrasah juga bagian dari ikhtiar agar mendapatkan kesuksesan dalam proses pembelajaran.  “Untuk anak-anakku sekalian, jangan bermalas-malasan dalam membaca Al Qur’an, karena ahli Qur’an itu akan mendapatkan jaminan kesuksesan dunia dan akherat” tutur Ropal.

Wawan Herianto, S.Pd., MM Selaku Kepala Madrasah memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan pada hari ini. Ditambahkannya, bahwa muraja’ah adalah kegiatan mengulang kembali hafalan. Istilah Muraja’ah ini ditujukan pada kegiatan mengulang pelajaran sebelum ujian, hapalan ayat-ayat Al-Quran dan lain sebagainya.

“Muraja’ah sangat bermanfaat bagi siswa-siswi  karena metode menghafal Al Qur’an dengan konsep mengulang-ulang hafalan dan muraja’ah merupakan metode menghafal yang sangat mudah dan sangat efektif untuk diserap oleh santri” Ujarnya.

Sosok kepala Madrasah yang ramah dan lembut ini dikenal sangat dekat dengan seluruh siswa, pembawaannya yang tenang dan murah senyum membuat seluruh siswa menaruh hormat dan nyaman ketika berinteraksi denganya, maka tidaklah kaget ketika kegiatan simaan Quran ini beliau duduk di tengah kerumunan para siswa menjadikan  suasana terasa syahdu dan tenang. 

Dengan kegiatan ini diharapkan kepada seluruh siswa-siswi MTsN 2 Rejang Lebong dapat memperkuat hafalan  Al-Qur’annya. Kegiatan ini juga melatih siswa agar percaya diri dan benar-benar siswa tersebut cinta dengan Al-Qur’an. Semoga dengan wasilah ayat-ayat Al-Qur’an ini, MTsN 2 Rejang Lebong semakin jaya dan penuh keberkahan di dalamnya.(apriliandi)


TERKAIT

Berita LAINNYA