Kepala KUA Kecamatana Sukaraja Survei Lahan Tanah Untuk Gedung KUA

Seluma (Humas) -  Sejak digulirkan pada 2021 lalu oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi program prioritas yang terus dilakukan Kementerian Agama.

Oleh karena itu Kepala KUA Sukaraja H.D.Hamdan Fauzi  langsung survei  lokasi lahan yang rencananya akan dibangun gedung Revitalisasi  KUA Sukaraja karena gedung KUA yang lama tidak memenuhi standar revitalisasi. Program revitalisasi KUA ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan yang prima kredibel dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama,sehingga memerlukan perubahan (tranformasi)kearah yang lebih baik lagi., Senin,05/08

Transformasi pertama adalah mengubah profil layanan KUA yang selama ini bersifat dokumentasi dan administrasi menjadi berorientasi kebutuhan masyarakat. Bentuknya berupa bimbingan, layanan, konsultasi, dan pendampingan persoalan keluarga dan keagamaan. Transformasi kedua,  KUA bersifat aktif dan responsif dalam melayani masyakarat. Petugas KUA harus mau melakukan jemput bola saat melayani.Transformasi ketiga, KUA harus hadir dan mendampingi masyarakat. Petugas KUA diharapkan terdepan dalam mengetahui dan berupaya menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat," tambahnya.
Transformasi keempat yakni pelayanan KUA harus berorientasi hasil. "Petugas KUA harus melaksanakan tugas sepenuh hati dan tidak asal bekerja, kelima, KUA menjadi leading sector dalam pembangunan keluarga. KUA memimpin jejaring di tingkat kecamatan dalam membangun ketahanan keluarga," pungkasnya.

Untuk mendukung hal tersebut terlaksana  maka diperlukan sarana prasarana yang lengkap dan update teknologi,ujarnya lagi (Naf/.JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA