Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seluma Sebagai Narasumber Pada Rapat Kerja FKUB dan Dialog Kerukunan Lintas Tokoh Agama Se Kabupaten Seluma

Seluma (Humas) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seluma H. Heriansyah, S. Ag,. M.H Menjadi Nara sumber pada kegiatan rapat kerja dan dialog  kerukunan beberapa tokoh masyarakat yang diselenggarakan FKUB Kabupaten Seluma, di Desa Penago I Kecamatan Ilir Talo. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang terbuka pantai Desa Penago I (25/7).

Kegiatan dialog ini melibatkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten sekaligus sebagai narasumber, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat,tokoh pemuda, dan tokoh wanita. Tema kegiatan FKUB ini yaitu “moderasi beragama untuk kehidupan yang harmoni”

Kepala Kantor  Kemenag Kabupaten Seluma H. Heriansyah, S. Ag,.M.H  Dalam kesempatan itu, menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan beragama dan toleransi yang dicakup dalam istilah moderasi beragama,  mengambil contoh kepada Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah dimana Rasulullah telah memberi teladan bagaimana cara hidup berdampingan dengan orang yang berbeda agama.

“Salah satu teladan Rasul adalah toleransi antar umat beragama. Ini semua adalah sunatullah atau hukum alam, dimana manusia hidup dalam heterogenitas dari berbagai jenis suku, bangsa dan agama”, imbuhnya.

Dalam rangka mewujudkan kerukunan, H. Heriansyah berharap setiap kita harus memahami dan mengamalkan ajaran agama supaya tidak terjadi intoleran dalam hidup beragama. Sebab, apabila pemahaman agama yang dangkal akan menimbulkan radikalisme dan menganggap diri paling benar sedangkan orang lain salah semua “Didalam al-Quran juga dijelaskan bahwa manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal dan memahami untuk memperbaiki perilaku hidup dalam kemajemukan dan keberagaman serta mengajak para tokoh agama terus mengkampanyekan  moderasi beragama ” Tutupnya.(Naf)


TERKAIT

Berita LAINNYA