Kemenag Kabupaten Seluma Menggelar Pembinaan Dan Peningkatan Kompentensi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Seluma Tahun 2024

Seluma (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma  melalui Seksi Bimas Islam menggelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam dan IPARI yang berlangsung di Aula Kemenag Kabupaten Seluma(21/8). Kegiatan ini diikuti oleh penyuluh Agama Islam, dan penyuluh yang tergabung dalam IPARI (Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia) lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma H. Heriansyah, S. Ag,.M.H , membuka acara secara resmi sekaligus menyampaikan materi pembinaan Peran Penyuluh Agama Sebagai Ujung Tombak Kementerian Agama dan Dalam melaksanakan tugasnya Penyuluh Agama harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya memiliki wawasan keagamaan dan kebangsaan yang memadai, dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang agamis, nasionalis, beriman, bertakwa berakhlak karimah serta berbudi pekerti luhur. “Performance sangat penting untuk Penyuluh Agama agama,” Imbuhnya.

Kepala Kantor mengatakan “Penyuluh harus kolaborasi dan kerja sama dengan semua stakeholder untuk bersama memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat.
 Dan setiap kegiatan yang bersifat meningkatkan kompetensi Penyuluh, niatkan silaturahmi, kalau urusan kebaikan harus di syiarkan kembali, salah satu tugas penyuluh Agama dituntut mampu memberikan pembinaan, bimbingan dan penyuluhan agama serta mengembangkan pelaksanaan kegiatan bimbingan penyuluhan kepada masyarakat baik berdasarkan wilayah sasaran maupun kelompok binaan masing-masing”sambungya lagi.

Kepala seksi Bimas Islam Nanang Hermanto, S.H,. M.H , memimpin kegiatan pembinaan,dan mengharapkan melalui pembinaan ini, penyuluh Agama Islam, dapat meningkatkan tanggung-jawab, kompetensi, dan keprofesionalimenya.

Dalam kesempatan yang sama Kasubbag Tata Usaha Aidi Muksin, S.Sos.I,. M. Ag  juga menyampaikan materi pembinaan terkait dengan wawasan peran penyuluh agam dalam mewujudkan wawasan multikultural dan memiliki kompetensi yang terus diasah,yang meliputi kompetensi komunikasi, kompetensi sosial dan kompetensi moral.Tambahnya (Naf)


TERKAIT

Berita LAINNYA