Gelar Walimatul Ursy, Calon Pengantin Minta Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja Isi Ceramah Agama

Seluma (Humas) -  Walimatul Ursy adalah istilah dalam bahasa Arab yang merujuk pada acara atau resepsi pernikahan dalam tradisi Islam. Secara harfiah, Walimatul Ursy dapat diartikan sebagai pesta pernikahan yang mencerminkan kebahagiaan dan kegembiraan dalam mengumumkan pernikahan. Walimah al-'ursy dimaksudkan memberi doa restu agar kedua mempelai mau berkumpul dengan rukun. Adapun tujuan lainnya adalah sebagai informasi dan pengumuman bahwa telah terjadi pernikahan, sehingga tidak menimbulkan fitnah di kemudian hari serta sebagai pencetusan tanda gembira atau lainnya.

Usai pelaksanaan akad nikah, pasangan catin yang menikah pada rabu (14/08) meminta Badoar Batubara selaku Penyuluh Agama Islam untuk mengisi ceramah agama dalam acara walimatul ‘ursy nya. Dalam ceramahnya, Badoar menyampaikan bahwa menjalani rumah tangga bukanlah hal yang mudah, harus dibekali dengan banyak ilmu dan kesiapan lahir dan batin.

“Menikah merupakan proses menyatukan hidupmu bersama pasanganmu. Untuk itu, kamu harus mulai memperbaiki akhlak dan menjalankan beberapa ibadah sunnah dari sebelum menikah. Hal ini karena akhlak merupakan bentuk cerminan diri yang akan terlihat.” Ujar Badoar dalam kutipan ceramahnya.

Lebih lanjut, Badoar juga menyampaikan bahwa pernikahan tidak hanya melibatkan ikatan antara sepasang kekasih pria dan wanita, tetapi juga menghubungkan kedua keluarga, yaitu keluarga pria dan keluarga wanita. Karena pernikahan ini bertujuan untuk menyatukan kedua keluarga, restu dari keluarga, khususnya restu dari orang tua, menjadi hal yang penting. (Naf/fifi)


TERKAIT

Berita LAINNYA