FKDT: KUA Kecamatan Sukaraja Catat MDTA Terbanyak di Kabupaten Seluma

Seluma (Humas) - Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) adalah satuan pendidikan keagamaan Islam bersifat non formal yang menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar setara SD/sederajat dengan masa belajar 4 (empat) tahun. Kurikulum dalam MDTA tersebut meliputi Materi Al-Qur'an, Hadits, Tarikh Islam, Fiqh, Aqidah, Akhlak, dan bahasa Arab, yang disajikan dengan metode ceramah, Tanya jawab, suri tauladan, demonstrasi, dan hafalan juga praktek dalam proses pendidikan dan pembelajaranya.

Ditemui di kantor KUA Kecamatan Sukaraja, Dra.Halimah selaku Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja menunjukkan, bahwa data MDTA yang tercatat di KUA Kecamatan Sukaraja berjumlah 5 MDTA yang merupakan jumlah terbanyak di Kabupaten Seluma. “Tercatat di KUA Kecamatan Sukaraja ini ada 5 MDTA yang merupakan jumlah terbanyak di kabupaten Seluma. Sumber data ini berasal dari kawan-kawan Penyuluh Agama Islam yang ada di KUA Kecamatan Sukaraja yang tersebar di desa binaan masing-masing”. Ujar Halimah.

Hal tersebut juga searah dengan pernyataan Sanwirahadi, selaku ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Ketika dikonfirmasi. “Benar, Sukaraja merupakan kecamatan yang jumlah MDTA nya terbanyak di Kabupaten Seluma”. Ujarnya. Hal tersebut menandakan kepedulian dan semangat terhadap Pendidikan keagamaan di Kecamatan Sukaraja tergolong tinggi. Sebab sekolah-sekolah keagamaan sejenis ini didirikan sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. (Naf/fifi)


TERKAIT

Berita LAINNYA