Sosialisasi Aplikasi SIHAT Tim Kalibrasi Kanwil Kemenag Bengkulu Ke KUA Kecamatan Sukaraja

Seluma (Humas) - Guna peningkatan layanan data serta manajemen kemasjidan di Kabupaten Seluma Bidang Urais Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu  melakukan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Kemasjidan (SIMAS) dan aplikasi Sistem Informasi Hisab Rukyat Indonesia (SIHAT).

Ketua Tim Kalibrasi pengukuran arah kiblat Bidang Urais Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Ali Akbar,S.Pd.I,M.Si, menyebutkan kunjungannya ke KUA Kecamatan Sukaraja pada hari ini Rabu (10/07) , dilakukan guna memastikan pendataan masjid pada aplikasi Sistem Informasi Kemasjidan (SIMAS) dan Aplikasi SIHAT sudah diterapkan dengan baik dalam rangka manajemen data kemasjidan. Selain melakukan pendampingan dalam pengukuran kembali arah kiblat tim kalibrasi pengukuran arah kiblat Kementerian Agama Provinsi Bengkulu juga melakukan pendampingan dalam pengelolaan aplikasi SIHAT untuk Penginputan  data pengukuran arah kiblat.

“Sekaligus kami juga melakukan pendataan tiap Kabupaten/Kota untuk menunjuk masjid percontohan dengan kategori masjid percontohan ramah anak, ramah disabilitas serta masjid percontohan moderasi beragama,” jelasnya.Selain itu, tim kalibrasi pengukuran arah kiblat sekaligus memastikan pencatatan pengukuran arah kiblat di Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sukaraja  melalui aplikasi SIHAT sudah dilaksanakan dengan baik. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala  KUA Kecamatan Sukaraja H.D.Hamdan Fauzi,S.Sos.I,menyebutkan pendataan masjid melalui SIMAS sudah dilaksanakan di Kecamatan Sukaraja bahkan dibeberapa momentum kegiatan yang melibatkan pengurus masjid, pihaknya mengajak para takmir masjid untuk mendaftarkan masjidnya pada aplikasi SIMAS. Kami senantiasa berupaya memberikan pemahaman kepada para takmir masjid untuk melakukan registrasi termasuk manfaatnya bagi masjid/mushalla yang sudah teregister,” tambahnya. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA