Menikah di KUA Juga Bisa Meriah

Menikah di KUA Juga Bisa Meriah

Kota Bengkulu (Humas)-Sesuai Ayat Al Quran 

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ‏ ٢١

Artinya; Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS Ar-Rum 21)

Pernikahan merupakan proses penyatuan dua insan dalam suatu ikatan yang suci berdasarkan ajaran agama sah secara agama dan tercatat secara negara. Dimana, secara negara pernikahan dapat dilaksanakan di dalam ataupun di luar Kantor Urusan Agama (KUA).

Masyarakat masih banyak beranggapan pernikahan yang dilakukan di KUA biasanya adalah pernikahan yang disertai masalah seperti hamil diluar nikah, pernikahan janda dan duda termasuk pernikahan yang dilakukan karena adanya konflik di rumah tangga. Masih ada masyarakat yang beranggapan menikah di KUA sebagai sebuah aib, tidak keren dan tidak meriah.

Namun berbeda halnya dengan yang terjadi pada pasangan bujang gadis “Adi Susanto dan Ria Kurnia”, mereka memilih menikah pada Kamis, 10/10/2024, di ruangan Balai Nikah KUA Kecamatan Singaran Pati 

Meskipun pernikahannya dilaksanakan di KUA, suasana nikah tetap berjalan sakral, hikmat dan meriah. Prosesi pernikahan dilaksanakan oleh Penghulu, Zulhamdi, S.HI. disaksikan keluarga kedua belah pihak.

Zulhamdi menyampaikan harapan semoga pernikahan antara “Adi Susanto dan Ria Kurnia” menjadi pernikahan yang pertama dan terakhir, "Semoga didalam pernikahan mereka selalu berlimpahkan kasih sayang serta menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah sampai maut memisahkan, harapan itu diaamiinkan oleh pasangan pengantin dan keluarga kedua belah pihak. 

Setelah prosesi pernikahan selesai, diringi oleh Shalawat Badriyah kedua mempelai menyalami keluarga beserta segenap karyawan KUA Kecamatan Singaran Pati, suasana menjadi semakin haru saat keduanya mencium dengan takzim tangan kedua orang tuanya.

Marlius Putra, S.Ag, M.HI. selaku Kepala KUA Kecamatan Singaran Pati menyampaikan bahwa “Peristiwa Bujang Gadis yang memilih menikah di KUA ini masih jarang terjadi, terutama di Kota Bengkulu, kebanyakan memilih untuk melangsungkan prosesi Ijab Qabul di rumah, Masjid terdekat atau di Gedung Pertemuan, maka dari pada itu Kami tetap memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal untuk kedua mempelai mengingat hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi mereka. Menikah di KUA juga bisa meriah, tetap keren dan akan menjadi kenangan indah seumur hidup bagi kedua pasangan". Ungkap Marlius.

Marlius juga tidak lupa mengucapkan selamat atas pernikahan “Adi Susanto dan Ria Kurnia”.

"Semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warrahmah dan dikaruniai keturunan yang sholeh dan sholeha". Tutup Marlius. (Ekowan/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA