Sinergitas KUA SBI : Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Memahami Pentingnya Kesehatan Berumah Tangga

REJANG LEBONG (HUMAS) ----  Kepala KUA Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir di bawah pimpinan Bpk Kendradinan, M.H.I dan Puskesmas Sindang Beliti Ilir terus memperkuat sinergi dalam upaya pembinaan calon pengantin (catin).

Pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2024, Kepala KUA Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir di bawah pimpinan Bpk Kendradinan, M.H.I  menerima kunjungan dari Ibu Kepala Puskesmas Sindang Beliti Ilir. Yakni ibu Yulinda Yulisfi, S.Tr.Keb, Puskesmas SBI. Pertemuan ini bertujuan untuk koordinasi terkait penanganan masalah kesehatan dan Konseling Pra-Nikah. Sejalan dengan Program dari Puskesmas “Konseling pra nikah” termasuk program Kesehatan Ibu Hamil dengan metode memberikan pembekalan pada calon pengantin mengenai permasalahan kesehatan reproduksi, gizi, psikologi dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan menyiapkan generasi berkualitas.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu Yulinda S.Tr.Keb, membahas data usia catin yang pernikahannya masih di bawah umur, serta mengidentifikasi potensi risiko kesehatan, termasuk pada kesehatan anak-anak. Beliau menekankan pentingnya edukasi dan pemantauan kesehatan bagi pasangan muda agar dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki kehidupan pernikahan, sehingga dapat menghindari risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Kepala Puskesmas Sindang Beliti menegaskan Konseling di Puskesmas lebih menyeluruh baik kesehatan dan psikologis. Kesehatan Reproduksi harus siap lahir batin. Kesehatan calon ibu harus diperhatikan. Kesehatan alat reproduksi. Pencegahan Stunting.

Kepala KUA Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir di bawah pimpinan Bpk Kendradinan, M.H.I menyambut baik inisiatif ini. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara instansi kesehatan dan keagamaan dalam kesehatan, seperti pernikahan dini dan Konseling Kesehatan. "Kami sangat mendukung upaya bersama ini untuk duduk bersama dan mencari solusi terbaik bagi masyarakat, terutama dalam hal kesehatan anak dan keluarga, apalagi Kepala Puskesmas SBI dengan terbuka memberikan layanan online dan Offline kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi secara terbuka yang sudah membagikan nomor yang bisa dihubungi masyarakat untuk bertanya danberkonsultasi langsung" ujar Bpk Kendradinan, M.H.I

Pertemuan ini merupakan kerja bersama yang rutin mencakup penyuluhan kesehatan dan agama bagi catin, serta pemantauan kesehatan bagi ibu hamil dan anak-anak. Langkah ini diharapkan dapat menurunkan angka pernikahan dini dan mencegah Konseling Kesehatan di wilayah Kecamatan Sindang Beliti Ilir. Kolaborasi dan Kerja sama antara Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir di bawah pimpinan Bpk Kendradinan, M.H.I dengan Puskesmas ini menunjukkan komitmen kuat kedua instansi dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, serta upaya bersama untuk menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas bermartabat.

Demikian bentuk kerjasama yang baik antara Puskesmas SBI dengan KUA Kecamatan Kepala KUA Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir di bawah pimpinan Bpk Kendradinan, M.H.I dalam memperkuat ketahanan keluarga dan menyiapkan generasi yang sehat berkualitas.(aminah)


TERKAIT

Berita LAINNYA