Kembangkan Kemampuan dan Kreativitas Siswa, MTsN 2 Kepahiang Aktif Laksanakan Kegiatan Ekstrakulikuler

Kembangkan Kemampuan dan Kreativitas Siswa, MTsN 2 Kepahiang Aktif Laksanakan Kegiatan Ekstrakulikuler

Kepahiang (Humas) --- MTsN 2 Kepahiang  terus aktif melaksanakan  kegiatan esktrakulikuler siswa, diantaranya ekstrakurikuler seni, pramuka, voli, basket, bela diri, dan ektrakulikuler drumband. Kegiatan ekstrakulikuler tersebut dilaksanakan dengan waktu yang berbeda-beda. Bertempat di lapangan MTsN 2 Kepahiang, kegiatan ektrakulikuler siswa selalu aktif diikuti oleh siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 2 Kepahiang menjadi wadah bagi siswa dalam mengembangkan  kemampuan dan kreativitas, berdasarkan potensi, bakat dan minat siswa. Kegiatan ektrakulikuler  menjadi sesuatu yang selalu ditunggu  oleh siswa. Melalui kegiatan ini, siswa dapat banyak belajar, mulai dari belajar organisasi sampai menyalurkan bakat yang harus terus menerus diasah.

Sebagai contoh, melalui kegiatan ekskul pramuka di sekolah, siswa  dapat belajar menjadi seorang pemimpin di hadapan teman-temannya dan guru-gurunya. Siswa juga disibukkan dengan perkemahan, baris berbaris, gotong royong mendirikan tenda, pentas seni api unggun, uji nyali, dan ketangkasan. Kegiatan ini, dilaksanakan agar siswa dilatih untuk memiliki sikap disiplin, kemampuan kerja sama, mandiri, serta bertanggung jawab. Contoh lain melalui kegiatan eskul bela diri siswa dapat belajar  hidup sehat, lebih mencintai diri sendiri,  melatih kesabaran, kedislpinan, dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk mengukir prestasi.

Berbagai prestasi membanggakan telah berhasil diraih dari kegiatan ekstrakulikuler di MTsN 2 Kepahiang tersebut.  Baik di tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi. Sebagai contoh, di bulan Agustus  lalu, MTsN 2 Kepahiang berhasil bertabur juara dalam kejuaraan silat, hingga MTsN 2 Kepahiang menjadi juara umum pada kejuaraan tingkat provinsi tersebut.  Hal ini menjadi bukti bahwa ektrakulikuler di MTsN 2 Kepahiang sangat berperan dalam mendidik siswa untuk terus mengukir prestasi. Kepala MTsN 2 Kepahiang Supriyadi, S.Pd.I, M.Pd menyampaiakan bahwa ekstrakurikuler banyak memberikan manfaat bagi siswa. Kegiatan ini menjadikan siswa  disibukkan dengan hal-hal yang positif.

“Ekstrakulikuler  memberikan banyak manfaat bagi siswa kita, salah satunya menumbuhkan sikap-sikap yang baik, seperti tanggung jawab, displin, mandiri, dan toleransi. Diharapkan seluruh siswa menyadari pentingya kegiatan ekstrakurikuler, sehingga dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik demi menjadi pribadi yang berakhlak mulia,” ungkap Supriyadi

Setiap ekstrakulikuler dibimbing oleh masing-masing guru pembimbing yang berkompeten di bidangnya. Guru pembimbing  tersebut ada yang merupakan guru bidang studi di MTsN 2 Kepahiang dan ada juga guru dari luar MTsN 2 Kepahiang namun telah teruji kompeten di bidangnya. (Dwi)


TERKAIT

Berita LAINNYA