Sinergi RA Ummatan Wahidah Dalam Mendeteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Jum’at 2 Agustus 2024 ,UKS RA Ummatan Wahidah berkolaborasi dengan Puskesmas Perumnas Curup tengah melaksanakan Deteksi Dini Tumbuh Kembang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang merupakan kegiatan penting yang bertujuan untuk memantau dan memastikan anak-anak usia dini berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan perkembangan mereka. Kegiatan ini menjadi bagian dari program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang di kelola oleh guru UKS Abi M. Haris Hidayatullah, A.Md Gz dan melibatkan kerjasama dengan puskesmas.

Bagian UKS dalam Deteksi Dini Tumbuh Kembang PAUD melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Berkala meliputi : Pemeriksaan kesehatan berkala dilakukan untuk memantau kondisi fisik anak, seperti tinggi dan berat badan, status gizi, penglihatan, dan pendengaran kemudian deteksi dini adanya gangguan kesehatan atau perkembangan yang mungkin memerlukan intervensi lebih lanjut. UKS RA juga memberikan edukasi kepada orang tua dan pengasuh mengenai pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak. Seperti mengingatkan orang tua untuk memotong kuku secara berkala, memberi pengetahuan kepada anak bagaimana cara menyikat gigi dengan benar, informasi tentang gizi seimbang dan mencuci tangan dengan baik.

Bentuk kerjasama dengan puskesmas yakni secara rutin mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di PAUD (RA Ummatan Wahidah) seperti kegiatan hari ini untuk memantau perkembangan fisik anak. Yang mana pada kesempatan tersebut senantiasa melibatkan dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya untuk melakukan skrining kesehatan.

Puskesmas juga berperan dalam memastikan anak-anak di PAUD mendapatkan imunisasi dan vitamin sesuai jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan imunisasi ini biasanya dilakukan secara terjadwal dan terkoordinasi dengan pihak sekolah. seperti yang di laksanakan hari ini yaitu pembagian vitamin A secara gratis, untuk anak usia di bawah 5 tahun.

Kerjasama antara sekolah dan puskesmas sangat penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan pemantauan dan perawatan yang optimal, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan perkembangan usia dini mereka. Hal ini  bersinergi dengan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yakni upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. 


TERKAIT

Berita LAINNYA