Salah Satu Binaan KUA Sukaraja, Masjid Al-Muhajirin Desa Cahaya Negeri Nominasi Masjid Percontohan Katagori Ramah Musafir Dan Dhuafa

Seluma (Humas) -  Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah pada Oktober 2024. Perhelatan ini bertujuan untuk memberi penghargaan kepada masjid-masjid yang telah berupaya menjadi masjid percontohan dan ramah di berbagai kategori.Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah 2024 akan dihelat melalui berbagai tahapan yang melibatkan sosialisasi, penilaian, dan penganugerahan masjid percontohan di tingkat nasional. Pada periode Juni hingga Juli 2024, Kemenag pusat bersama Kanwil Kemenag provinsi, Kemenag kabupaten/kota, Kantor Urusan Agama (KUA), dan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) di seluruh tingkatan akan melakukan sosialisasi program masjid percontohan. Sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong masjid-masjid mempersiapkan diri dengan memperbaiki kondisi fisik masjid dan portofolionya di Sistem Informasi Masjid (SIMAS).

Penilaian masjid percontohan mencakup sejumlah kategori,  yaitu Masjid Ramah Anak dan Perempuan, Ramah Difabel dan Lansia, Ramah Lingkungan, Ramah Keragaman, dan Ramah Musafir serta Dhuafa.  Masjis Al-Muhajirin Desa Cahaya Negeri menjadi nominasi  masjid percontohan kategori musafir dan dhuafa, pada Rabu,07/08 Tim Penilai dari Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu langsung penilaian, cek lokasi dan seleksi  dalam kategori ini.Hadir pula dalam penilaian masjid percontohan katagori ramah musafir dan dhuafa di Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sukaraja Kasi Bimas Islam  Kemenag Kabupaten Seluma ,Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja,Kades Cahaya  Negeri dan Ketua BKM Masjid Al-Muhajirin Desa cahaya Negeri.

Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H.D.Hamdan Fauzi,S.Sos.I mengatakan Anugerah ini digelar untuk memberi penghargaan kepada sejumlah masjid yang menjadi percontohan dan ramah di berbagai kategori, sekaligus menginspirasi masjid lainnya untuk bisa menjadi nominator berikutnya.Kegiatan ini lebih dari sekadar kompetisi melainkan upaya untuk mereplikasi dan melekatkan nilai-nilai baik di suatu masjid ke masjid lainnya. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA