Ramadan 1445 H, MIN 1 Rejang Lebong Kembali Kumpulkan Zakat Fitrah

Panitia Zakat Fitrah MIN 1 RL

Rejang Lebong (Humas) - Dalam rangka menunaikan kewajiban membayar zakat di bulan Ramadhan, dewan guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) pada tahun ini kembali mengumpulkan zakat fitrah di Madrasah, Kamis (28/03).

Kepala MIN 1 RL, Mufidatul Chairi,S.Ag.,M.Pd.I. ketika dikonfirmasi mengenai pengumpulan zakat fitrah di Madrasah mengatakan bahwa pada tahun ini MIN 1 RL kembali membuka pengumpulan zakat fitrah di Madrasah.

“Pada tahun ini, MIN 1 RL kembali membuka pengumpulan zakat fitrah tahun 1445 hijriyah. Untuk pelaksanaannya kita telah membentuk panitia amil zakat, besaran zakat yang dibayarkan merujuk pada surat edaran dari Kantor Kemenag Kab. Rejang Lebong.” Kata Mufidatul.

Berdasarkan surat edaran bersama Kantor Kemenag  dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Rejang Lebong Nomor:113/Kk.07.03.7/BA.03.2/03/2024 tentang pedoman pengelolaan zakat fitrah dan besarannya apabila dihargai dengan uang di kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini, besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan untuk daerah Kabupaten Rejang Lebong perjiwa yakni: 2,5 Kg beras atau 10 canting beras. Jika diuangkan maka untuk katergori 1 sebesar Rp. 45.000, kategori 2 sebesar Rp. 40.000, dan kategori 3 sebesar Rp. 30.000.

Koordinator amil zakat MIN 1 RL, Jumadi, S.Pd.I mengatakan pengumpulan zakat fitrah di MIN 1 RL mendapat respon yang baik dari dewan guru, siswa dan wali siswa.

“Pelaksanaan pengumpulan zakat di MIN 1 RL mendapat respon yang baik dari warga madrasah. Dewan guru dan siswa antusias  mengumpulkan zakat fitrahnya di madrasah. Terlihat pada hari ini (Kamis/28/03) sudah banyak beras dan uang yang terkumpul.” Kata Jumadi.

Lebih lanjut, Jumadi menambahkan zakat fitrah ini selanjutnya akan disalurkan kepada mereka yang berhak.

“Setelah terkumpul, zakat fitrah ini akan kita salurkan kepada siswa dan masyarakat sekitar madrasah berhak menerimanya. Semoga pelaksanaan pengumpulan zakat fitrah di MIN 1 RL dapat berjalan lancar sampai dengan proses penyalurannya nanti.” Tutup Jumadi. (Randy)


TERKAIT

Berita LAINNYA