PPL Di KUA Kecamatan Sukaraja Mahasiswa Fakultas Syariah UIN FAS Bengkulu Mendapat Pengalaman Baru

Seluma (Humas) – Kegiatan PPL atau Praktik Perkuliahan Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa UIN FAS Bengkulu  semester tujuh. Dalam menjalankan PPL di KUA Kecamatan Sukaraja  ,pihak KUA selalu memberikan pengarahan untuk tetap mengedepankan pelayanan yang terbaik dengan menggunakan 5 S,senyum ,salam,sapa,sopan dan santun.

Dalam kegiatan PPL lainnya  diberikan bimbingan untuk melakukan atau mengerjakan tugas dari berbagai bagian seperti di bagian resepsionis yang bertugas untuk menerima dan mengarahkan tamu .Tugas lain yang kami juga dapat melakukan legalisir buku nikah dan juga membantu kegiatan para petugas KUA yang lainnya. Demikian banyak sekali hal dan pengalaman yang diperoleh mahasiswa sebagai modal dan bekal mereka dalam menyelesaikan tugas PPL dan bahan laporan untuk Dosen Pembimbing Lapangan.

Bahwasanya dalam lingkungan KUA tenyata tidak hanya melayani bab pernikahan saja tetapi juga melayani ikrar wakaf, bai'at, konsultasi haji dan umroh, dan lain sebagainya.

Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H.D.Hamdan Fauzi ,S.Sos.I, mengatakan keberadaan mahasiswa PPL UIN FAS Bengkulu yang sedang melaksanakan PPL di KUA dapat membantu dan meringan kan pekerjaan staf yang ada di KUA.  hal ini bertujuan agar mereka mendapatkan ilmu secara langsung dari yang di praktekan seperti  mengoperasikan Simkah dalam pendaftran nikah,rekomendasi nikah ataupun dalam peliputan nikah.

Pada hari ini Selasa,20/08,Operator Simkah   berkesempatan memberikan ilmu pada mahasiswa PPL UIN FAS Bengkulu mempelajari Simkah secara langsung.Mereka sangat antusias mendaftarkan nikah secara online di aplikasi Simkah yang langsung di pandu operator simkah Kecamatan Sukaraja Herni agusti,S.P. Dan semoga PPL kali ini dapat menjadi bekal bagi siswa menyusun skripsi maupun sebagai bekal pengetahuan untuk kedepannya,harapnya (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA