Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja mengisi Pengajian Majlis Taklim Nurussalam Bersama Mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu

Seluma (Humas) – Dalam pengajian rutin  Majlis taklin Nurussalam  Desa Padang Pelawi Prihartini  mengisi pengajian  membawakan tema  mengenai " Bulan Muharam menjadi bulan yang penuh keistimewaan dan mukjizat bagi umat Islam yang memohon ampun kepada Allah SWT. Terdapat beberapa keutamaan bulan Muharam, sebagai berikut:

1. Menghapus dosa setahun lalu dengan puasa Asyura

Puasa sunnah di bulan Muharam sangat dianjurkan, sebagaimana Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharam dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam," (HR Muslim). Selain puasa 10 Muharam, umat Islam juga dianjurkan berpuasa pada tanggal 9 Muharam (puasa tasu’a) dan 11 Muharam. Inilah yang membedakan umat Islam dengan umat Yahudi, yang mana mereka hanya berpuasa di hari Asyura.

2. Dilapangkannya rezeki bagi yang menafkahi keluarga

Selain melaksanakan puasa Asyura, amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh kaum muslimin pada tanggal 10 Muharam ialah menafkahi atau menambah uang belanja untuk keluarga. Momentum ini dapat dimanfaatkan bagi para kaum muslimin yang memberi kelapangan untuk keluarganya di hari Asyura, maka insyaallah rezekinya akan dilapangkan oleh Allah. Di samping itu, umat Islam juga dianjurkan untuk bersilaturahmi, menjenguk orang sakit, mengusap kepala anak yatim, bersedekah, memotong kuku, memakai celak dan melakukan berbagai amalan baik lainnya di tanggal 10 Muharam.

 
3. Bulan terjadinya peristiwa-peristiwa agung peristiwa agung bagi para nabi yang terjadi pada bulan tersebut Beberapa di antaranya ialah:

- Diterimanya taubat Nabi Adam as setelah sebelumnya dikeluarkan dari surga
- Diselamatkannya Nabi Nuh as dan kaumnya dari kapal setelah banjir bandang
- Diselamatkannya Nabi Ibrahim as dari Raja Namrud yang membakar tubuhnya
- Dibelahnya laut merah untuk Nabi Musa as dan Bani Israil, serta ditenggelamkannya raja Fir’aun dalam lautan dan masih banyak lainnya.

Acara ini berlangsung pada hari Jum’at (19/07) pukul 14:00 WIB di Masjid Nurussalam  Desa Padang Pelawi. Ketua Majelis Taklim Kades Padang Pelawi Ferma Yuni  turut  hadir dalam acara tersebut, bersama seluruh anggota majelis ta'lim Nurussalam . Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahim dan ukhuwah Islamiyah antar Warga.
 
Acara pengajian ditutup dengan doa oleh  Mahasiswa  KKN UIN FAS Bengkulu ,Doa tersebut merupakan doa majelis untuk keberkahan dan kemudahan yang senantiasa diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh peserta pengajian.

Dengan pengajian rutin ini, diharapkan masyarakat dapat semakin memperkuat iman dan kehidupan Islami mereka, serta terus meningkatkan hubungan yang harmonis antarwarga melalui kegiatan keagamaan yang bermanfaat. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA