PAI Non PNS KUA Kecamatan Seluma Selatan Aktif dalam Mengisi Ceramah Kegiatan Majlis Taklim di Bulan Ramadhan

Seluma (Humas) - Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima. Secara syariat, puasa dimaknai sebagai ibadah kepada Allah SWT dengan menahan makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya, dimulai dari terbit matahari sampai terbenamnya fajar.Sebagaimana disampaikan pada pengajian rutin Majelis Taklim Baiturrahim Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan. Yang di isi oleh Pon Samiasih, S.Pd.I selaku Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kec. Seluma Selatan bahwa puasa Ramadhan memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh, baik itu untuk kesehatan jasmani maupun rohani yang dapat dirasakan, Kamis (1/4).

Manfaat dan hikmah orang berpuasa, antara lain dapat meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh, membantu dalam penyerapan nutrisi, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Puasa memberi istirahat pada sistem pencernaan, yang dapat membantu mengurangi masalah pencernaan dan meningkatkan kesehatan lambung, tutur Pon Samiasih.

Selain beberapa manfaat dan hikmah berpuasa diatas, ada pelajaran baik selama bulan puasa ini jika dijalani sebagaimana perintah Allah SWT, maka dapat meningkatkan kesehatan mental dan kecerdasan spiritual akan terbangun dengan sendirinya.

Namun yang paling ditekankan pada kesempatan ini mengenai kesehatan mental. Sebab kesehatan mental yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang misal terjadinya emosi di dalam diri. (Naf/Ryuan.ID)


TERKAIT

Berita LAINNYA