PAI KUA Kecamatan Sukaraja : TPQ Merupakan Wadah Cinta Al Qu’ran

Seluma (Humas) - Membaca Al Qur’an adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Untuk itu, memahami, merenungi, dan meresapi makna Al Qur’an melalui pembacaan yang jelas dan sesuai dengan kaidah dan hukum-hukumnya perlu dipahami oleh setiap muslim.Untuk itu Pendidikan membaca Al-Qur’an perlu diajarkan sejak dini. 

Penyuluh agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja kenalkan pendidikan Al-Qur’an sejak dini melalui TPQ  pada  Rabu, 31/07 pukul 16:00  di Masjid Jamik Kelurahan Babatan. Kegiatan ini diikuti oleh  15 santri..Disela-sela membimbing anak baca tulis Al Qur’an, penyuluh agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja Weni Artika  mengatakan bahwa kunci keberhasilan mengajarkan anak untuk menghafal Al-Qur’an yaitu salah satu yaitu melalui  TPQ sebagai wadah cinta Al Qur’an  dengan suasana senang dan bahagia, fokus dan perhatian, memberikan penjelasan pada anak-anak atas nilai -nilai yang terkandung dalam bacaan, ciptakan motivasi agar anak mempunyai semangat dalam menghafal Al-Qur’an.

Lebih lanjut Weni Artika  menyampaikan prinsip mengajarkan Al-Qur’an diantaranya tidak boleh memaksa. “Lakukan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak, dimulai dari ayat yang mudah dipahami serta keteladanan, dan motivasi kepada anak,” tuturnya.

Anak-anak sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut karena materi yang disampaikan dengan cara yang menarik dan penuh kehangatan.

Di lain tempat Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H.D. Hamdan Fauzi,S.Sos.I mengatakan dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat membantu berkembangnya berpikir anak-anak untuk mengenal Al Qur’an serta membentuk generasi bangsa yang berjiwa Qur’ani jadikan TPQ sebagai Wadah cinta Al Qur’an. Semoga kegiatan seperti ini akan terus berkesinambungan,” harapnya. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA