PAI Kec. Air Periukan Narasumber Pesantren Kilat SMAN 3 Seluma

Seluma (Humas) - Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Air Periukan Lili Suryani mengisi materi Pesantren Kilat di SMAN 3 Seluma yang beralamat di Desa Padang Pelasan Kec. Air Periukan, pada Selasa (2/4).

Lili Suryani merupakan PAI Fungsional di KUA Kec. Air Periukan yang diundang untuk mengisi materi atau menjadi narasumber dalam kegiatan Pesantren Kilat tersebut. Dimana notabene Desa Padang Pelasan memang Desa Binaan daripada KUA Kec. Air Periukan.

Adapun isi tausiyahnya adalah tentang Ibadah. Beberapa poin penting yang disampaikan ;

Bahwa ibadah bukan hanya pada konsep ritual, seperti ; sholat, mengaji, zakat, dan puasa saja melainkan semua aktivitas yg baik ; dari tidur, bangun,  sampai tidur lagi, juga merupakan adalah ibadah. Sepanjang diniatkan kepada Allah, diawali dan diakhiri dengan doa, apapun aktivitas yang dikerjakan akan bernilai ibadah dan berpahala.

Sebagaimana Rasulullah bersabda ;

كل أمر ذي بال لا يبدئ ببسم الله الرحمن الرحيم فهو اقطع

"Kullu Amrin dzibaalin laayubafi bi bi smillah hirohman nirrohim, fahuwa aqtha".

Artinya : Setiap pekerjaan yang tidak diawali dengan basmallah akan terputus (tidak mendapatkan kebaikan serta pahala). Lili Suryani, melanjutkan penjelasannya : "jika kamu lupa atau tidak hapal doa nya maka sematkan lah lafazh Allah di dalam nya. Contoh, ketika makan baca bismillah, berangkat ke sekolah, hendak minum juga baca bismillah. Maka pekerjaan tersebut akan bernilai ibadah, jika sebaliknya tidak menjadi ibadah dan hanya bermanfaat di dunia.

Di akhir sesi, Lili Suryani memberikan  berpesan kepada siswa dan siswi SMAN 3 Seluma, “ untuk memperbanyak ibadah, terlebih di bulan Ramadhan hingga akhir menjelang Idul Fitri dan kurangi mainnya. Mari kita hiasi dan isi bulan Ramadhan dengan aktivitas yang lebih bermanfaat, seperti memperbanyak membaca Al-Qur'an. ”(tutupnya).(Naf/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA