KUA Air Periukan: Pentingnya Sertifikat Elsimil Bagi Catin

Seluma (Humas)-Umar Hidayatullah, S.Sos.I selaku Penghulu di KUA Air Periukan, menuturkan bahwa sertifikat  Elsimil sangat bermanfaat guna Percepatan Penurunan Stunting. Aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (elsimil) merupakan aplikasi skrining pendampingan untuk calon pengantin (catin), calon pasangan usia subur (CaPUS), ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan keluarga yang memiliki bayi usia 0-59 bulan. Aplikasi elsimil merupakan inovasi dari BKKBN dengan tujuan utamanya adalah menekan angka stunting.
Lili Suryani,S.HI (Penyuluh Agama Islam) juga menjelaskan, selain berfungsi sebagai alat skrining, Elsimil juga berfungsi sebagai media komunikasi dengan Tim Pendamping Keluraga (TPK) dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, kontrasepsi, kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, serta cegah kanker.
Hal ini dipertegas oleh Kepala KUA Kec.Air Periukan (Iis Sumirat, S.HI), masalah terkait Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB)  dalam Penguatan Pendampingan Calon Pengantin (Catin) dan Sosialisasi Aplikasi Elsimil telah dilakukan secara sinergi, bersama dengan  Kementerian Agama, Tokoh Agama, Pimpinan Gereja, dan Penyuluh Agama dalam percepatan penurunan stunting di Kec. Air Periukan.(Eka/MWS) 


TERKAIT

Berita LAINNYA