Kepala KUA Kecamatan Air Periukan Ajak Jajarannya Jaga Netralitas Jelang Pemilihan Kepala Daerah

Seluma (Humas)- Menindaklanjuti himbauan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma tentang ajakan jaga netralitas ASN jelang pemilihan kepala daerah, kepala KUA Kecamatan Air Periukan Harun, S. Ag,MH langsung beraksi dengan menyampaikan himbauan tersebut serta mengajak jajarannya untuk selalu menjaga netralitas jelang Pemilu. pada Kamis (01/08)

Himbauan tersebut bukan tanpa dasar, sebab alasan yang mendasari kenapa ASN harus netral dalam pemilu yaitu Salah satunya adalah mencegah konflik kepentingan. Netralitas ASN penting untuk memastikan tidak ada penggunaan fasilitas negara dalam upaya mendukung peserta pemilu tertentu. Alasan itu juga mendasari peraturan yang mewajibkan netralitas aparat negara lainnya di pemilu, seperti anggota TNI/POLRI, pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pesan ini disampaikan kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Air Periukan Harun,S.Ag,MH, ia mengajak jajarannya untuk tidak berpihak kepada pasangan calon manapun, ASN wajib menjaga netralitas yang tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Hal ini dilakukan agar ASN dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan adil. Netralitas ASN itu bukan hanya masa pemilihannya tetapi sebelum dan sesudah pemilu.

“Kita harus benar-benar menjaga netralitas yang memang menjadi kewajiban kita bersama di dalam perilaku kita sehari-hari atau di luar hari kerja. Kita harus senantiasa mencerminkan nilai dasar ASN BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif,” jelasnya.

Harun menegaskan, netralitas sendiri berkaitan erat dengan nilai loyalitas karena ASN harus menjaga komitmen dan integritas bahwa ASN tidak akan melakukan hal yang tidak adil. (Eka/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA