Kepala KUA Himbau Penyuluh Agama Seluma Barat Sosialisasikan Peristiwa Istiwa A'zam

Seluma (Humas) - Kepala KUA Kecamatan Seluma Barat menghimbau kepada Penyuluh Agama Islam untuk menyampaikan kepada pengurus masjid di Kecamatan Seluma Barat untuk mengadakan Istiwa Al a'zam pada Senin (20/05)

Kementerian Agama (Kemenag) RI mengimbau seluruh masyarakat untuk mengecek ulang arah kiblat pada 27 dan 28 Mei mendatang, seiring terjadinya peristiwa Istiwa A’zam atau Rashdul Kiblat.

Istiwa A’zam merupakan saat di mana Matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah, sehingga pada momen itu, arah kiblat searah dengan matahari yang ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat.
Peristiwa Istiwa A'zam atau Rashdul Kiblat akan terjadi pada hari Senin dan Selasa, 27 dan 28 Mei 2024, bertepatan dengan 18 dan 19 Zulkaidah 1445 H pada pukul 16:18 WIB atau 17:18 WITA. Saat itu, matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah.

Iis Sumirat S.H.I mengatakan " Fenomena Rashdul Kiblat sering dimanfaatkan untuk menyesuaikan arah kiblat. Hal tersebut karena saat Rashdul Kiblat arah kiblat akan searah dengan matahari. Bayang-bayang benda saat peristiwa itu terjadi adalah bayang-bayang kiblat selanjutnya iis sumirat mengatakan tolong sampaikan kepada pengurus masjid Sekecamatan Seluma Barat untuk melaksanakan istiwa al- azam karena peristiwa ini jarang terjadi.

Harapan kepala KUA Kecamatan Seluma Barat Iis Sumirat semoga nanti pada tanggal 27 saat pelaksanaan Istiwa al-A'zam dapat di laksanakan oleh masjid Sekecamatan Seluma Barat dengan lancar tanpa ada halangan apapun.( Eka/El)


TERKAIT

Berita LAINNYA