Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Dampingi Tim Kantor Wilayah Kementerian Provinsi Bengkulu Monev Perpustakaan Masjid

Seluma (Humas)– Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Air Periukan mendampingi monitoring dan evaluasi perpustakaan masjid yang dilakukan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu berlangsung di Masjid Nurul Huda Desa Tawang Rejo yang merupakan salah satu dari sekian banyak Masjid di Kabupaten Seluma yang memiliki perpustakaan. Kegiatan berlangsung pada hari Rabu pukul 09.00 s/d Selesai. Rabu, 18/07.

Perpustakaan Masjid Nurul Huda mendapat giliran kunjungan Tim Monitoring Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Sebelum meninjau perpustakaan Tim Monitoring perpustakaan masjid yaitu Tim Bina Paham Keagamaan dan Kepustakaan Islam Bidang Urais Kanwil Kementerian Agama Bengkulu yaitu Tauhid, H. Darman, Hanin dan Rita, terlebih dahulu singgah di Kantor Urusan Agama, dan disambut Kepala Kantor Urusan Agama Harun, S.Ag, MH dengan baik, Selanjutnya Tim langsung menuju lokasi.

Tim Monetoring diterima dan disambut sukacita kepala desa Tewang Rejo Poniman beserta perangkat desa dan pengurus masjid Nurul Huda dan beberapa pengurus takmir lainnya. Disampaikan Poniman selaku kepala desa Tewang Rejo bahwa perpustakaan tersebut sudah berdiri cukup lama, tetapi dengan adanya efek dari HP android, sehingga minat baca masyarakat terutama kalangan anak-anak mulai berkurang, Ungkapnya.

Sementara Tim Monitoring yang di ketuai oleh tauhid memberikan solusi supaya menarik minat baca masyarakat maka buku-buku yang tersedia aktual dan update.  Apabila menginginkan untuk penambahan buku buku bisa membuat proposal dan diajukan di Kemenag Republik Indonesia, Selain itu supaya Masjid yang berada di Tawang rejo dan mempunyai perpustakaan didata dan bisa dihidupkan kembali, mereka  juga meninjau kembali perpustakaan Masjid Nurul Huda yang mendapatkan bantuan dari kementerian agama RI yang di kelola oleh Kanwil Kemenag Bengkulu, Kegiatan ini juga di lakukan untuk melihat apa kegunaan dan kendala yang dihadapi , tauhid juga berpesan jika pengurus Masjid Nurul Huda hendak mengajukan bantuan kembali bisa melalui aplikasi atau situs elipski, pungkas Tauhid.

Harun, S.Ag, MH. Selaku kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan air periukan yang kebetulan  pada waktu monitoring hadir di lokasi mengungkapkan bahwa Belum ada informasi, terkait tindak lanjut perihal kebijakan spesifik yang akan diambil setelah mendapatkan data (perpustakaan masjid) tersebut, namun dengan adanya kegiatan Monev ini, diharapkan perpustakaan dan masjid Nurul Huda dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, khususnya bagi para santri TPQ dan jamaah masjid dan Semoga momen ini bisa menjadi bagian  dari harapan baik terhadap upaya pengembangan literasi keagamaan berbasis masjid, Tutupnya. (Eka/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA