Tari Kreasi Melatih Psikomotorik Siswa MIN 4 Seluma

Seluma (Humas)- Tari kreasi merupakan jenis tari yang pada dasarnya koreografi yang digunakan bertolak dari tari tradisional atau pengembangan terhadap pola yang sudah ada sebelumnya. Secara mudahnya tari kreasi adalah tarian pengembangan dari tari rakyat atau tari tradisional. Hal ini dikembangkan dalam Proses Pembelajaran seni Tari di MIN 4 Seluma diadakan praktek seni tari di depan kantor MIN 4 Seluma pada Senin (14/5). Pembelajaran Seni Tari masuk ke Pembelajaran  SBDP yang mana guru yg mengajar yaitu ibu Endang Tri Wahyuni, SH dan yang ikut membimbing yaitu Yopi Juniarti, S.Pd serta Wike, S.Pd.

Pembelajaran SBDP mengalami peningkatan melalui pendekatan yang inovatif yang menekankan pada kreativitas dan ekplorasi diri. mengembangkan atau membuat variasi yang unik dan terkesan baru dari waktu ke waktu. Karena salah satu fungsi dari tari kreasi adalah sebagai media atau sarana pertunjukan dan hiburan. Seni ini juga dapat meningkatkan kemampuan pada aspek psikomotorik siswa. Tari kreasi memiliki karakteristik yang baik yaitu seni tari kreasi lebih banyak mengutamakan gerak hasil dari eksplorasi, makna atau pesan yang ada di dalam tari kreasi adalah sebagai bentuk ungkapan ekspresi pribadi, seni tari kreasi bisa menunjukkan kebebasan kreativitas secara koreografi, seni tari kreasi juga tidak menunjukkan identitas kultural, serta gerakan pada seni tari kreasi lebih luwes dan fleksibel berdasarkan rekaan penarinya.

Dengan adanya pembelajaran seni tari yg di muat di Pelajaran SBDP ini, Kepala MIN 4 Seluma Samsuriyadi S.Pd.I berharap peserta didik lebih percaya diri untuk mengekspresikan kemampuan diri dan terus berkembang dalam  dunia seni tari. (Eka/Sym)


TERKAIT

Berita LAINNYA