Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja Latihan Hadrah Di Masjid Al-Ihklas Desa Niur

Seluma (Humas) - Ini merupakan kreatifitas yang tinggi  Penyuluh Agama  Islam yang ada di Kecaamatan Sukaraja. Buktinya mereka memiliki kelompok hadroh yang sudah dikenal masyarakat group Hadrah Az-Zanur Desa Niur.Menariknya grup hadroh ini menampilkan seni budaya  Islam Kabupaten Seluma.

Ketua kelompok Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Qomaroddin mengungkapkan jika kelompok hadrah tersebut  sudah di kenal dimasyarakat Desa Niur hal ini merupakan kreatifitas kami, dalam rangka menyebarkan Islam melalui seni budaya.

“Pada malan ini Jum’at (26/07) Kami selalu berlatih di Masjid  Al-Ihklas Desa Niur untuk mengembangkan dan menyebarluaskan  seni hadrah ini agar terus berkembang dan tidah punah  karena banyak budaya barat yang masuk sehingga anak muda sekarang agar tidak melupakan  seni budaya hadrah ini.” Ujar Qomarudin

 Bersama Penyuluh Agama Islam Qomaroddin, mereka merilis lagu-lagu Islami yang umum ditampilkan  oleh grup-grup hadrah di berbagai acara keagamaan. Pemilihan lagu bernuansa Islami penting dilakukan mengingat kesenian hadrah identik dengan lagu sholawat dan religi yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dalam rangka mensyiarkan agama Islam.

Menurutnya,dakwah melalui seni budaya ini bisa diterima di masayarakat karena selain berdakwah juga bisa menghibur masyarakat. Metode lanjutannya cukup unik karena tidak sama dengan para dai-dai lain yang menggunakan metode ceramah yang cenderung menoton,ujarnya(Qomaroddin). (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA