Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Berikan Materi Keutamaan Bulan Muharram di Taman Pendidikan Alqur'an

Seluma (Humas) - Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Melda Aprilitha memberikan materi khusus yaitu keutamaan Bulan Muharram di Taman Pendidikan Al'quran(TPQ) Al-Ikhlas Desa Air Periukan pada Rabu (17/07).

Disampaikan oleh Melda Aprilitha selaku penyuluh agama Islam sekaligus sebagai pembina TPQ Al -Ikhlas dengan jumlah yang hadir kurang lebih 20 orang santri, Melda menuturkan tentang macam-macam keutamaan Bulan Muharram dan amalan sunah yang dianjurkan

Dalam tausiyahnya Melda menjelaskan bahwa Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah yang mempunyai keutamaan dan makna penting bagi umat Islam. Dimana Pada bulan inilah Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekah ke Madinah. Tak hanya itu saja, di bulan Muharram juga terdapat hari yang istimewa, yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Untuk itulah, umat Islam di seluruh dunia menyambut bulan ini dengan penuh suka cita dengan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan. Adapun tahun ini tanggal 1 Muharram 1446 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Keutamaan Bulan Muharram Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Islam, Muharram memiliki banyak sekali keistimewaan. Hal ini telah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW sebagai berikut:

"Sesungguhnya, zaman berputar sebagaimana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. 1 tahun ada 12 belas bulan, di antaranya 4 empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadil Tsani (Jumadil Akhir) dan Sya'ban." (HR. Bukhari dan Muslim).

Nah, untuk itulah, pada bulan Muharram menjadi waktu yang tepat untuk membuat resolusi dan rencana yang baik untuk 1 tahun ke depan. Jelas Melda. Dalam kesempatan ini Melda juga menjelaskan beberapa amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram "Puasa sunnah pada bulan Muharram, terutama puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram dan puasa Tasu’a di tanggal 9 Muharram. Memperbanyak surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali. Menghindari perbuatan buruk, maksiat. Kita disarankan untuk memperbanyak kebaikan sekecil apapun. Perbanyak sedekah dan melakukan pekerjaan fokus dan ikhlas. Keutaman bulan Muharram yang wajib diketahui beserta amalan yang disunnahkan. Pastikan kita selalu berbuat kebaikan agar bulan Muharram menjadi bulan ladang pahala".,tutup Melda 

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan Harun,S.Ag,M.H dan  mensuport kinerja penyuluh yang aktif bermasyarakat dalam mengajar Taman Pendidikan Al-Qur'an. Semoga kegiatan dan program TPQ kedepannya berjalan dengan baik dan maksimal. Sehingga masyarakat dan generasi muda Islam dapat terbina dengan baik tentang al-Qur'an untuk mewujudkan masyarakat yang Qur'ani di tengah maraknya pergaulan bebas yang minus moral dan adab. Tutup harun. (Eka/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA