KUA Seluma Selatan Layani Catin Lanjut Usia

SELUMA – SAH, adalah kalimat yang diucapkan 2 (dua) orang saksi dalam suatu proses ijab kabul. Sepasang calon pengantin yang sudah tak muda lagi melangsungkan akad nikah di KUA Kec. Seluma Selatan yang dihadiri oleh Kepala KUA Kec. Seluma Selatan selaku Penghulu, Staff  KUA, ASN PPPK dan dari kedua belah pihak. Acara akad nikah berjalan dengan lancar dan khidmat.

Elon Suparlan, M.H Kepala KUA Kec. Seluma Selatan langsung menyerahkan Kutipan Akta Nikah (buku nikah) setelah pelaksanaan akad nikah antara Daman bin Ri’in (alm) dengan Sariyani binti Sogiran, Kamis (21/12/2023). Pernikahan dilaksanakan dengan wali nasab dan mahar yang disebut dalam akad nikah berupa uang tunai, serta disaksikan oleh dua orang saksi.

Kedua mempelai tampak gembira usai dilangsungkan ijab Kabul dan langsung menerima buku nikah, diiringi ucapan selamat dari keluarga dan terima kasih kepada pihak KUA. Elon Suparlan juga memberikan nasehat kepada kedua mempelai bahwa pernikahan mereka sah menurut agama Islam dan perundang-undangan pemerintah.

“Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan seorang perempuan untuk hidup berketurunan, yang dilangsungkan menurut ketentuan syariat islam.

Maka Islam, sebagai agama yang penuh kasih sayang dan kedamaian memberikan resep untuk memilih calon istri atau suami.

"Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi." (HR Bukhari dan Muslim). Ujar Elon

Jika pasangan dengan harta, keturunan dan paras yang baik tidak didapatkan, maka carilah pasangan yang baik agamanya, karena memang inilah yang paling penting dari yang lainnya. Carilah yang selalu memperhatikan agama dan taat beribadah.

Sebab, harta, keturunan dan paras pun tidak menjadi jaminan utama kebahagiaan. Namun agama bisa menjadi pedoman yang kokoh dan petunjuk untuk menggapai kebahagiaan, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat kelak, tegas Elon. (Eka/ Riska)


TERKAIT

Berita LAINNYA