KUA Kecamatan Sukaraja Bersama Tim Kalibrasi Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Ukur Arah Kiblat

Seluma (Humas) - Dalam rangka melaksanakan syiar Islam dan bimbingan masyarakat, Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukaraja  bersama Tim Kalibrasi Kanwil Kemenag Bengkulu melaksanakan penentuan arah kiblat  pada Masjid  di Kecamatan Sukaraja.Kegiatan kalibrasi arah kiblat ini adalah suatu upaya untuk memastikan keakuratan arah kiblat .Dengan adanya pengukuran  kalibrasi ini dapat kita ketahui arah sholat kita sudah menghadap kiblat atau belum.

Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H.D. hamdan Fauzi,S.Sos.I, mengatakan Kalibrasi arah kiblat ini penting dilakukan disetiap masjid dan mushalla sebagai sarana ibadah umat islam lainnya,apalagi saat ini kemaqjuan teknologi sudah banyak yang bisa dipergunakan sebahai alat untuk mengukur arah kiblat yang benar.Pengukuran kalibrasi arah kiblat dilakukan pada hari Rabu,10/07,pukul 14:23 Wib  di Masjid Al-Muhajirin Desa Cahaya Negeri.

Masjid /musholla yang telah diukur arah kiblatnya akan diberi sertifikat sebagai bukti telah dilakukan pengukuran arah kiblat ,sehingga jamaah semakin mantap dalam menjalankan ibadah.Sertifikat tersebut berupa berita acarayang diberi informasi tentang lintang tempat ,bujur tempat,jarak antar tempat dan ka’bah dan sudut yang dibentuk oleh tempat ka’bah ,tutur Hamdan.

Seperti Masjid al-Muhajirin Desa Cahaya Negeri LS :03’55’26’2”,BT:102’ 22’28’9’, AK:295’ 29’4’ 54’ , AM:311.31’/311’18’36” Jam :14.23 Wib,15’40’31’46”

Sementara itu Tim dari Kanwil kemenag Bengkulu pada Seksi kemasjidan ,Hisab Rukiat dan Bina Syariah Bidang Urais Ali akbar,S.Pdi,M.si,Ujang Miszwar,S.HI,Ari Kurniawan,S.Pd dan Reni eka Saputri,SE.Ali Akbar mengatakan arah kiblat tidak bisa dikira-kira  dengan mengarah kebarat,perhitungannya harus benar-banar tepat dan akurat,karena jika terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal  pada penentuan arah kiblat tempat ibadah  umat islam. Perbedaan satu derajat akan mengakibatkan selisih ratusan kilometer dari ka’bah. Alat yang bisa digunakan untuk mengukur arah kiblat yakni Theodolite Digital Topcon.Alat yang digunakan untuk mengukur sudut vertikal dan horizontal posisi sebuahbenda untuk theodolat juga dapat digunakan untuk mengukur jarak,membuat garis lurus dan bidang datar diatas permukaan tanah.

Pengukuran arah kiblat merupakan salah satu layanan gratis Kemenag tanpa dipungut biaya.Pelaksanaan pengukuran arah kiblat berjalan lancar sesuai SOP .Pengukuran dilakukan pada siang hari dan tidak hujan dan selesai tanpa adanya kendala,ungkap Ali akbar. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA