Semarak Hari Batik Nasional Di MIN 1 Bengkulu Tengah: Pelestarian Budaya Untuk Generasi Masa Depan

Dalam semangat Hari Batik Nasional, seluruh siswa dan guru MIN 1 Bengkulu Tengah mengenakan batik dengan bangga, melestarikan warisan budaya yang telah ada sejak lama! ( 02/10/2024 )

Bengkulu Tengah ( Humas ) - Tanggal 02 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Sebagai sebuah lembaga pendidikan, MIN 1 juga ikut memeriahkan dan memperingati momen penting ini. Seluruh Guru dan siswa MIN 1 Bengkulu Tengah mengguanakan seragam Batik sebagai seragam resmi yang digunakan di MIN 1 Benkgulu Tengah.  ( 02/10/2024 ) 

Pemakaian Batik sebagai seragam ini sejalan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. Momen perayaan ini bukan hanya sekedar formalitas, melainkan momen penting untuk menghargai identitas bangsa. Tahun 2024 ini peringatan ke-15 tahun Batik diakui oleh Dunia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Menurut Emiyati, selaku Kepala Madrasah ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bengkulu Tengah, menyatakan bahwa " seragam batik di MIN 1 Bengkulu Tengah rutin dipakai pada hari Rabu setiap minggunya, ditambah dengan hari-hari besar yang menganjurkan pemakaian seragam batik di madrasah. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa dikenalkan dengan budaya bangsanya. Seni membatik ini juga diajarkan dalam kurikulum di madrasah. Sebagai karya seni, batik telah ada di Nusantara sejak era kerajaan Majapahit. Awalnya batik hanya dipakai oleh kalangan bangswan dan kerajaan. Alhamdulilah, sekarang seluruh kalangan sudah memakai batik sebagai pakaian resmi maupun tidak resmi dalam kehidupan sehari-hari. Kita memperkenalkan kepada seluruh siswa tujuan dari perayaan Hari Batik Nasional ini, yaitu untuk pelestarian warisan Budaya, Identitas Nasional. Pendidikan Masyarakat, Budaya dan Ekonomi kreatif. Semoga kita akan selalu bangga menggunakan batik sebagai ciri khas Bangsa Indonesia " Ungkapnya  (EMY)


TERKAIT

Berita LAINNYA